Kristen Gaza: Saya tidak akan meninggalkan gereja kecuali ke alam kubur
Ketika bom Israel mulai menghantam jalan-jalan Kota Gaza yang dulunya ramai, Diana Tarazi dan keluarganya melarikan diri ke Gereja Keluarga Kudus, satu-satunya tempat ibadah Katolik Roma di Jalur Gaza.
Perempuan Kristen Palestina berusia 38 tahun, suami dan tiga anaknya itu berkumpul bersama sesama pengunjung gereja dan tetangga serta teman-teman Muslim, menidurkan anak-anak mereka hingga tertidur lelap di tengah suara bom, menggumamkan kata-kata lembut yang memberi semangat satu sama lain.
“Bersama-sama, kami mencoba melewati perang sampai berakhir – dan kami bertahan,” kata Tarazi kepada Al Jazeera.
Rasa aman mereka hancur pada tanggal 19 Oktober, ketika Israel mengebom Gereja Saint Porphyrius, gereja tertua di Gaza, yang terletak di dekatnya, menewaskan sedikitnya 18 orang. Tentara Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa gereja tersebut bukanlah sasaran serangan.
“Rudal itu jatuh tepat di atasnya,” kata Tarazi tentang situs Ortodoks Yunani yang dibom Israel itu.
“Kami tidak percaya bahwa gereja bukanlah tujuan mereka,” paparnya.
Dua hari sebelumnya, sebuah ledakan di Rumah Sakit Al-Ahli Arab – sebuah institusi Anglikan yang terletak beberapa blok jauhnya – menewaskan dan melukai ratusan orang, menurut otoritas kesehatan Palestina.
Hamas menyalahkan ledakan itu akibat serangan udara Israel, sementara Tel Aviv mengklaim ledakan itu disebabkan oleh roket yang tidak berfungsi yang ditembakkan oleh Jihad Islam Palestina, sebuah kelompok bersenjata yang berbasis di Gaza.
Meskipun Kota Gaza dan kamp-kamp pengungsi di dekatnya dikepung oleh pasukan darat Israel, dan serangan udara menghantam daerah tersebut, Tarazi menolak untuk pergi. “Kami tidak menerima pengungsian dari negara kami, tanah kami, dan gereja kami,” katanya.
“Saya tidak akan meninggalkan gereja kecuali ke alam kubur.”
'Ancaman kepunahan'
Setidaknya 10.569 warga Palestina telah tewas dalam serangan Israel di Gaza sejak 7 Oktober.
Hanya 800 hingga 1.000 orang Kristen yang diyakini masih tinggal di Gaza, yang merupakan komunitas Kristen tertua di dunia, sejak abad pertama.
Mitri Raheb, seorang pendeta Lutheran Evangelis dan pendiri Universitas Dar al-Kalima di Betlehem, mengatakan bahwa konflik yang terjadi saat ini dapat mengakhiri sejarah panjang konflik di wilayah tersebut.
“Komunitas ini terancam punah,” kata Raheb kepada Al Jazeera. “Saya tidak yakin apakah mereka akan selamat dari pemboman Israel, dan bahkan jika mereka selamat, saya rasa banyak dari mereka yang ingin pindah.”
“Kami tahu bahwa dalam generasi ini, agama Kristen tidak akan ada lagi di Gaza,” tambahnya.
Wilayah bersejarah Palestina yang lebih luas adalah tempat kelahiran agama Kristen, serta tempat terjadinya banyak peristiwa dalam Perjanjian Lama dan Baru dalam Alkitab.
Pada abad keempat, Gaza, yang terletak di sepanjang jalur perdagangan utama dengan akses ke pelabuhan yang aktif dan kota kosmopolitan, menjadi pusat misi Kristen yang utama.
Setelah tahun 1948, ketika negara Israel didirikan dan 700.000 warga Palestina terpaksa mengungsi dari rumah mereka dalam peristiwa yang dikenal sebagai Nakba, atau “bencana”, semakin banyak umat Kristen Palestina yang bergabung dengan komunitas di daerah kantong pesisir tersebut.
Perkiraan menunjukkan bahwa jumlah umat Kristen di Gaza menurun dalam beberapa tahun terakhir dari 3.000 orang yang tercatat pada tahun 2007, ketika Hamas mengambil kendali penuh atas wilayah tersebut, sehingga memicu blokade Israel dan mempercepat keluarnya umat Kristen dari daerah kantong yang dilanda kemiskinan tersebut.
Serangan di Tepi Barat 'meningkat empat kali lipat'
c
Namun kekerasan dan penganiayaan juga meresahkan masyarakat di sana. “Serangan terhadap pendeta dan gereja meningkat empat kali lipat tahun ini dibandingkan tahun lalu,” kata Raheb, yang lembaga akademisnya mendokumentasikan peristiwa tersebut.
Pada tanggal 1 Januari, beberapa hari setelah Israel mengambil sumpah pemerintahan paling sayap kanan dalam sejarah negara itu, dua pria tak dikenal masuk ke Pemakaman Protestan Gunung Zion di Yerusalem dan menodai lebih dari 30 kuburan, mendorong batu nisan berbentuk salib dan menghancurkannya dengan batu.
Pada tanggal 26 Januari, sekelompok pemukim Israel menyerang sebuah bar Armenia di kawasan Kristen di Kota Tua Yerusalem, sambil meneriakkan “Matilah orang Arab … Matilah orang Kristen.”
Beberapa hari kemudian, warga Armenia yang meninggalkan upacara peringatan di Kawasan Armenia diserang oleh pemukim Israel yang membawa tongkat. Seorang warga Armenia disemprot merica ketika para pemukim memanjat tembok biara Armenia, mencoba menurunkan benderanya, yang bergambar salib.
Serangan terus meningkat, seiring dengan upaya Israel untuk “membungkam suara apa pun yang datang dari warga Palestina di dalam Israel,” kata Raheb.
“Mereka adalah pemukim teroris Yahudi, namun komunitas internasional tidak mengakui mereka sebagai pemukim karena mereka adalah bagian dari [pola pikir] kolonial yang sama,” katanya, seraya menambahkan bahwa ia khawatir ancaman kekerasan yang terus-menerus pada akhirnya akan mengusir agama Kristen dari Tanah Suci.
'Anak-anak saya cacat, mati'
Kembali ke Gaza, Ramez al-Souri mencoba menutupi kematian ketiga anaknya, Suhail, Majd dan Julie, dalam pemboman Gereja Saint Porphyrius.
“Bangunan itu menampung warga sipil yang bukan milik mereka,” katanya, merujuk pada kelompok Palestina Hamas, yang melancarkan serangan mendadak di Israel selatan pada 7 Oktober yang berujung pada pemboman Israel.
Al-Souri berharap orang-orang yang dicintainya akan aman di tempat suci tersebut, namun kesucian tempat tersebut tidak dapat melindungi keluarganya dari pemboman Israel.
Tentara Israel diketahui juga menargetkan sekolah-sekolah PBB yang menampung perempuan dan anak-anak pengungsi, serta rumah sakit, ambulans, dan pasokan bantuan.
“Ketiga anak saya keluar dalam keadaan cacat akibat dampak rudal dan pecahan peluru,” katanya. Ia tampak shock.
“Saya tidak percaya bahwa saya tidak akan berbicara dan bermain dengan mereka lagi dalam hidup saya,” ujar Ramez.