Sudah membuat jadwal kerja seharian, tetapi ada saja tugas dadakan? Tak jarang situasi itu justru bikin agenda kerja berantakan dan kamu kewalahan. Dampak lainnya juga menjadi bingung harus mengerjakan tugas mana dahulu, kesulitan mengatur waktu, hingga akhirnya tidak bisa selesai tepat waktu.
Lima tips ini bisa diterapkan untuk tetap fokus menghadapi badai tugas yang menumpuk, seperti melansir dari platform edukasi, Zenius.
1. Buat skala prioritas
Tanyakan pada dirimu sendiri, hal apa yang perlu kamu selesaikan lebih awal? Tugas mana yang lebih mendesak untuk dikerjakan? Kedua pertanyaan tersebut akan membantumu untuk menentukan urutan prioritas dari setiap tugas.
Untuk hal yang sifatnya sangat mendesak, tentu akan masuk di prioritas tertinggi sehingga perlu dikerjakan di awal. Begitupun sebaliknya dengan hal-hal yang tidak terlalu mendesak, kamu bisa mengerjakannya setelah tugas yang lebih mendesak sudah selesai.
Menyusun skala prioritas dapat dilakukan di pagi hari atau di malam sebelumnya. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi notes yang ada di ponselmu, menulis secara manual di jurnal harian, atau menggunakan aplikasi penunjang produktivitas, seperti Todoist, Evernote, dan Trello.
2. Jangan mudah terdistraksi
Cobalah untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang membuat kamu terdistraksi dan kehilangan fokus. Misalnya, bunyi notifikasi ponsel yang membuatmu tergoda untuk membukanya, suara bising yang menyebabkan kamu kesulitan untuk fokus, atau keadaan sekitar seperti kehadiran orang lain di sekitarmu. Setelah itu, berusahalah untuk menghindari segala distraksi tersebut.
3. Buat situasi nyaman
Selain menghindari distraksi, mewujudkan situasi yang nyaman juga bisa menunjang performamu agar lebih fokus. Kamu bisa menata ruangan dengan rapi, menggunakan meja dan kursi yang nyaman, mengatur suhu ruangan yang sejuk, serta menyiapkan minum dan camilan supaya semakin betah berlama-lama mengerjakan tugas.
Kalau kamu termasuk orang yang semakin produktif saat mendengarkan musik, maka tidak ada salahnya mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik. Beberapa studi menyebutkan, musik memengaruhi produktivitas secara tidak langsung. Musik dapat membuat mood menjadi lebih baik, menghindari rasa bosan, juga meningkatkan fokus. Perlu dicatat, tidak semua musik memiliki efek yang sama.
4. Luangkan waktu untuk istirahat
Ketika tubuh dan pikiran sudah mulai lelah, jangan terlalu memaksakan diri. Ambil waktu istirahat agar energi dan semangat dapat terisi kembali sehingga tugas-tugas yang perlu dikerjakan dapat selesai secara optimal.
Teknik Pomodoro menjadi solusi untuk produktivitas yang lebih efektif dengan istirahat yang cukup. Dalam Teknik Pomodoro, terdapat waktu 25 menit untuk mengerjakan tugas, belajar, atau bekerja, yang disebut dengan jendela kerja. Kemudian, terdapat interval waktu di mana kamu boleh istirahat sekitar tiga sampai lima menit. Kamu bisa menggunakan waktu ini untuk minum, stretching, atau ke toilet.
5. Jadikan fokus sebagai gaya hidup
Boleh-boleh saja untuk melakukan hal-hal kurang penting asalkan tahu batas. Jangan sampai waktu dan energi terbuang untuk kegiatan yang kurang bermanfaat di kemudian hari. Dengan melatih diri untuk disiplin dalam mengerjakan seluruh kewajiban serta pandai mengatur waktu, lama kelamaan kamu juga akan terbiasa untuk menjalani keseharian dengan fokus.