Attendance management software untuk mengelola absensi karyawan
Attendance management software mungkin sudah tidak asing lagi dalam aktivitas harian yang terjadi dalam perusahaan. Meski istilahnya terdengar asing, namun sebenarnya software attendance management merupakan aplikasi yang digunakan untuk absensi karyawan. Software atau aplikasi absensi ini umumnya digunakan untuk mengelola data absensi para karyawan.
Hadirnya aplikasi ini tentu memberikan kemudahan tersendiri bagi karyawan dan pihak perusahaan. Contohnya, karyawan bisa melakukan absensi lebih cepat dan mudah serta proses perekapan data absensi semakin mudah bagi pihak perusahaan. Selain itu, biaya untuk aplikasi absensi ini pun cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan dana yang telah disiapkan.
Rekomendasi attendance management software terbaik
Software yang digunakan untuk mengatur data absensi kehadiran karyawan saat ini sudah bisa Anda temukan dengan mudah. Jumlahnya sudah cukup banyak dan fitur serta keunggulan yang dimiliki tentu berbeda di setiap aplikasi. Untuk menemukan aplikasi yang terbaik, Anda perlu memperhatikan kelengkapan fiturnya.
Jika aplikasi absensi karyawan tersebut memiliki fitur yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maka itu adalah aplikasi terbaik. Selain itu, aplikasi terbaik juga memungkinkan tiap proses pekerjaan dilakukan secara otomatis, sehingga jadi lebih cepat dan efisien. Berikut deretan attendance management software terbaik yang sangat bagi Anda direkomendasikan untuk dicoba:
1. Talenta by Mekari
Salah satu rekomendasi software untuk mengatur data absensi kehadiran karyawan yang terbaik di Indonesia yaitu Talenta by Mekari. Aplikasi ini sudah sangat canggih dengan berbasis GPS serta fitur selfie. Fitur ini sangat membantu Anda untuk mengetahui lokasi terkini pada karyawan pada saat melakukan absensi online.
Selain itu, perangkat lunak ini juga memberikan akses kepada perusahaan dalam memantau keterlambatan, penentuan jam istirahat, serta ketidakhadiran karyawan selama jam kerja. Dengan kelengkapan berbagai fitur ini, Anda bisa meninggalkan sistem kerja lama dengan beralih menggunakan sistem absensi yang lebih cepat dan aman.
Bahkan aplikasi ini juga tergolong sangat akurat dalam mengumpulkan segala data yang telah diperoleh. Hal ini merupakan prinsip Talenta by Mekari untuk memberikan kepercayaan yang tinggi terhadap seluruh penggunaannya. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan support yang tinggi untuk bisa memenuhi segala kebutuhan dasar pada karyawan.
Mengingat bahwa perusahaan mempunyai banyak sekali pekerjaan disamping mengelola dan mengatur jadwal karyawan. Dengan demikian, penggunaan perangkat lunak ini, amat sangat membantu Anda untuk bisa mengontrol seluruh kegiatan karyawan dalam hal absensi dan pengelolaan data.
2. Virtual attendance
Rekomendasi software yang kedua yaitu virtual attendance. Pada software yang satu ini, untuk melakukan proses absensi pada karyawan dilakukan dengan menggunakan kode QR. Penggunaan kode tersebut tentu bisa digunakan oleh berbagai divisi serta manajer untuk bisa mengurus jadwal serta pergantian shift pada karyawan.
Meskipun dalam penggunaannya melalui kode QR, akan tetapi aplikasi ini tidak memberikan bentuk perizinan untuk bisa melacak lokasi para karyawan. Pada dasarnya, aplikasi ini dikhususkan untuk para pebisnis kecil yang baru memulai usaha.
Hal ini dikarenakan masih terdapat keterbatasan jumlah dalam pengelolaan aplikasi. Software virtual attendance ini bisa digunakan secara gratis untuk satu manajer dan lima pegawai.
Namun, jika Anda ingin menggunakan tanpa adanya batas minimum dan maksimum, Anda bisa meng-upgrade aplikasi ini dengan membayar sebesar US$5 saja. Untuk bisa mendapatkan aplikasi ini, bisa diperoleh dengan mengunduhnya melalui Play Store atau App Store yang tersedia di dalam perangkat Anda.
3. Time station
Di dalam software attendance management kali ini dilakukan dengan menggunakan barcode sebagai alat untuk melakukan absensi. Dengan fitur yang sangat canggih tersebut, pihak perusahaan hanya perlu untuk melakukan proses pendaftaran data perusahaan dan juga data karyawan.
Setelah semua persyaratan telah terdaftar secara lengkap, software ini akan secara otomatis memberikan barcode untuk setiap masing-masing karyawan. Sehingga para karyawan hanya perlu untuk melakukan proses scanning ketika absen masuk ataupun ketika pulang.
Fitur ini tentu sangat memudahkan karyawan dalam melakukan proses absensi kehadiran. Tentunya Anda juga lebih mendapatkan kemudahan dalam mengontrol kehadiran karyawan tersebut. Untuk Anda bisa mengetahui bagaimana ketepatan waktu pada karyawan. Anda hanya perlu untuk melakukan proses login pada situs web resminya yaitu mutimestation.com.
Sangat mudah bukan? Jika Anda tertarik menggunakan aplikasi ini, hanya dibutuhkan biaya sebesar US$19,95 dalam setiap bulannya. Untuk batas penggunaannya bisa mencakup hingga 20 karyawan.
Namun, jika Anda mempunyai jumlah karyawan yang sangat banyak, bahkan hingga ratusan. Anda bisa memilih tawaran yang diberikan dengan harga sebesar US$59,95 untuk setiap bulannya.
Pada pilihan yang kedua ini dapat menampung kapasitas karyawan hingga 200 orang. Tentunya sebelum Anda menyetujui pembayaran tersebut, terdapat trial yang diberikan secara gratis dengan jangka waktu selama 30 hari.
4. Zoho people
Rekomendasi attendance management software berikutnya yaitu zoho people. Aplikasi ini hadir dengan berbagai jenis fitur yang dapat membantu untuk memberikan solusi dalam beberapa masalah yang seringkali ditemukan pada sebuah perusahaan.
Misalnya dengan jadwal kerja karyawan, penyimpanan data-data penting perusahaan, pengambilan cuti karyawan dan masih banyak lagi yang lainnya. Zoho People merupakan salah satu jenis aplikasi yang sangat mudah dalam proses penggunaannya.
Hal ini dikarenakan untuk menggunakannya bisa dilakukan langsung melalui situs resmi ataupun melalui software yang ada di dalam perangkat telepon. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur unggulan yang bisa digunakan untuk melacak IP address.
Tentunya hal ini berguna untuk mengetahui akurasi lokasi check in karyawan. Sehingga dalam mengontrol absensi kehadiran karyawan dapat dilakukan secara lebih efisien. Keunggulan lain yang dimiliki aplikasi ini yaitu dengan kebebasan dalam kustomisasi.
Fasilitas dashboard yang ada di dalam situs web resmi dan juga di dalam software bisa diubah-ubah sesuai dengan keinginan Anda. Mulai dari dokumen, form, hingga laporan presensi karyawan bisa Anda lakukan dalam aplikasi ini.
Pastinya berbagai fitur ini sangat memberikan kemudahan pihak HRD dalam mengelola data-data karyawan. Selain itu, harga yang ditawarkan pada aplikasi ini, tergolong cukup terjangkau dengan fasilitasnya berbagai fitur unggulan tersebut.
Harga yang ditawarkan ini juga menyesuaikan dengan plan apa yang ingin Anda peroleh. Terdapat beberapa jenis plan yang ditawarkan, yaitu mulai dari Essential HR, Professional, Premium hingga Enterprise.
5. PHP timeclock
Rekomendasi yang terakhir yaitu PHP Time Clock. Aplikasi ini sudah terkenal dengan kegunaannya yang efektif namun pengaplikasiannya menggunakan sistem berbasis website yang sederhana. Aplikasi ini sudah hadir sejak tahun 2006 silam.
Meskipun tergolong aplikasi yang kuno, akan tetapi fitur yang dimiliki sangatlah menarik untuk digunakan. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mengatur jam istirahat karyawan, melacak waktu, hingga mengatur jadwal libur.
Selain itu, software ini juga sangat membantu dalam kebutuhan perusahaan terkait dengan membuat laporan absensi kehadiran karyawan. Bahkan fitur laporan ini dapat mengelola berbagai kategori berdasarkan dengan divisi maupun departemen karyawan.
Dengan demikian, apabila suatu waktu terjadi hal-hal yang mencurigakan, maka sistem akan secara otomatis memberikan informasi terkait dengan hal mencurigakan tersebut.
Terdapat banyak sekali fitur-fitur unggulan yang bisa diperoleh dalam menggunakan software PHP Time Clock. Selain itu, Anda juga bisa mengontrolnya melalui perangkat telepon pribadi Anda. Sehingga, Anda bisa mengetahui berbagai macam hal meskipun berada di luar area perusahaan. Hal ini sangat memberikan keuntungan tersendiri dengan kemudahannya dalam mengakses.
Mengapa attendance management software banyak dicari?
Setelah mengetahui apa saja software attendance management, maka bisa disimpulkan bahwa software ini tentu bisa memberikan keuntungan saat digunakan. Karenanya, sebelum memilih, Anda perlu mengetahui secara lebih rinci terkait keuntungan dari software ini. Berikut ulasan lengkapnya:
● Mudah diakses
Sistem attendance management bisa membantu Anda dalam mengumpulkan data absensi karyawan, sehingga lebih cepat dan efektif. Proses pengumpulan data kehadiran karyawan bisa dilakukan secara instan dan mudah dengan menggunakan sistem ini.
Hal ini tentu memudahkan Anda jika membutuhkan data realtime terkait absensi karyawan. keuntungan lainnya adalah, umumnya software ini memiliki tampilan dan cara pengoperasian yang user friendly, sehingga Anda bisa mengaksesnya dengan mudah.
Sistem untuk mengatur data absensi ini juga bisa diakses melalui berbagai perangkat, seperti smartphone dan PC. Dengan demikian, pihak perusahaan maupun karyawan bisa mengaksesnya dengan mudah.
Sebelum menggunakan software attendance management, sebaiknya Anda memperhatikan kemampuan akses dari software tersebut. Perhatikan apakah bisa diakses oleh semua jenis smartphone dan PC atau hanya bisa diakses pada perangkat tertentu saja.
● Sistem otomatis
Sistem ini juga mampu untuk memproses segala pekerjaan terkait pendataan kehadiran karyawan secara otomatis. Kinerja software atau aplikasi yang otomatis ini bisa mengurangi terjadinya kekeliruan saat pengisian data atau human error. Dengan demikian, data yang dihasilkan jadi lebih akurat. Selain itu, sistem otomatis juga membuat durasi pengerjaan jadi lebih cepat, sehingga waktu bisa digunakan untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.
Software attendance management umumnya telah terkoneksi dengan jaringan internet dan bisa dioperasikan secara online. Dengan begitu, mengintegrasikan data absensi karyawan dengan penghitungan gajinya setiap bulan bisa lebih mudah. Selain itu, software ini juga bisa memproses pembayaran gaji karyawan serta permintaan dan persetujuan overtime jadi lebih sederhana.
● Data lebih aman
Tidak hanya bisa diproses secara cepat, data yang diolah menggunakan attendance management software juga lebih aman. Hal ini dikarenakan, aplikasi ini umumnya telah menggunakan sistem Cloud, yang memungkinkan data disimpan secara otomatis.
Setelah diolah, nantinya data akan tersimpan secara otomatis pada perangkat yang digunakan. Dengan demikian, kehilangan data bisa diminimalisir. Pengguna juga bisa mengatur akses pengguna, sehingga data jadi lebih aman karena tidak diakses oleh sembarang orang.
● Bisa diakses kapan dan di mana saja
Karena bisa diakses juga melalui smartphone, maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini kapan dan dimana saja saat dibutuhkan. Fitur-fitur lengkap yang tersedia pada aplikasi bisa memudahkan Anda dalam menggunakannya.
Sebagai contoh, fitur GPS yang tersedia bisa membuat Anda lebih mudah dalam melacak posisi karyawan secara akurat. Sistem ini membuat aktivitas dadakan yang harus dikerjakan berkaitan dengan data absensi jadi lebih cepat.
Itulah beberapa informasi seputar attendance management software terbaik yang recommended untuk dicoba. Anda bisa memilih salah satu dari aplikasi tersebut yang sekiranya paling cocok dengan kebutuhan perusahaan. Supaya pekerjaan yang berkaitan dengan memproses data kehadiran karyawan jadi lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi dengan fitur lengkap.