close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi. Foto Pixabay.
icon caption
Ilustrasi. Foto Pixabay.
Sosial dan Gaya Hidup
Rabu, 08 September 2021 17:43

Beragam sistem payroll perusahaan dan kelebihannya

Penggunaan software untuk penggajian karyawan makin banyak peminatnya.
swipe

Saat ini seiring semakin berkembangnya teknologi, beragam sistem komputer untuk membantu operasional perusahaan makin banyak bermunculan. Selain itu, penggunaan software untuk penggajian karyawan juga makin banyak peminatnya.

Alasannya karena sudah banyak perusahaan yang meninggalkan cara manual yang dirasakan terlalu ribet dan memakan waktu serta tenaga. Mereka sudah merasakan bahwa sistem payroll mampu menggantikan tugas staf HRD, serta memudahkan kinerja manajemen khususnya di dalam perusahaan kecil hingga menengah.

Untuk itu Anda sebagai pelaku usaha sangat dituntut untuk mengetahui kinerja sebuah sistem penggajian atau payroll, agar tidak salah pilih ketika ingin diaplikasikan dalam sistem payroll perusahaan. Sehingga bisa membantu tugas atau pekerjaan staf HRD Anda.

Rekomendasi sistem payroll perusahaan terbaik

Saat ini semakin banyak penawaran aplikasi payroll dengan berbagai fitur sistem payroll menjadi peluang bisnis yang menguntungkan sehingga menghadirkan banyaknya software payroll yang tersebar dan bisa diakses dengan mudah di internet. Namun Anda Tetap harus berhati-hati karena, jika salah memilih maka akan merugikan Anda serta bisa merusak data perusahaan yang sudah diakses.

Berikut ini adalah beberapa sistem payroll perusahaan yang sudah terbukti aman dan terpercaya, karena sudah memiliki rating tertinggi dengan kualitas aplikasi yang tidak diragukan lagi yaitu :

1. Sistem payroll perusahaan Talenta by Mekari

Memiliki kelebihan yang sulit ditemukan di sistem payroll perusahaan lainnya, aplikasi dan software payroll Talenta by Mekari terintegrasi untuk proses payroll karyawan Anda, mudah tanpa resiko kontak langsung atau kesalahan penghitungan gaji.

Dengan sistem payroll perusahaan dari Talenta by Mekari karyawan bisa melakukan pengecekan payroll dimanapun dan kapanpun dengan aplikasi dan software payroll Talenta by Mekari yang terintegrasi dengan data absensi dan payroll karyawan.

Sistem payroll dari Talenta by Mekari membantu Anda menghitung payroll yang disesuaikan dengan jam kerja karyawan, bahkan sekaligus menghitung pembayaran pajak sesuai regulasi usaha Anda.

Bahkan pemberian insentif pajak bagi usaha yang terkena dampak pandemi COVID-19 menjadi lebih mudah dengan sistem payroll Talenta by Mekari.

  • Solusi payroll bagi karyawan WFH (work from home)

Untuk pengelolaan jam kerja secara parsial, bisa dengan mudah dilakukan oleh sistem payroll perusahaan dari Talenta by Mekari, bahkan menghitung potongan gajinya secara langsung dan semua proses klaim benefit terintegrasi secara otomatis dari manapun dan kapanpun.

Sudah banyak klien yang merasakan manfaat sistem payroll dari Talenta by Mekari, bahkan mereka menyukai fitur payroll-nya, karena Talenta by Mekari sudah bisa menghitung otomatis berapa pajaknya yang harus disetorkan sesuai dengan jumlah komponen..

  • Transfer gaji tanpa biaya admin

Proses pembayaran gaji saat penerapan jam parsial karyawan WFH menjadi lebih mudah menggunakan payroll disbursement system dari Talenta by Mekari. Selain itu proses transfer ke semua rekening bank tanpa dikenakan biaya administrasi, Sehingga Anda tidak perlu lagi datang langsung ke bank, semua bisa dilakukan hanya dari satu aplikasi dimanapun dan kapanpun.

  • Sistem payroll Talenta by Mekari berbasis cloud

Talenta by Mekari dibangun dalam sistem berbasis cloud yang sudah tersertifikasi ISO 27001. Sistem payroll ini dilengkapi layanan absensi online yang maksimal, sehingga sistem payroll Talenta by Mekari dapat memenuhi kebutuhan payroll karyawan bahkan saat penerapan jam kerja parsial.

Talenta by Mekari memiliki sistem payroll berupa software terbaik yang merupakan sistem penggajian otomatis berbasis cloud, Anda bisa menghitung gaji karyawan beserta komponennya secara otomatis dan terintegrasi dengan data perusahaan serta menyesuaikan dengan regulasi bisnis Anda.

2. Sistem payroll perusahaan Justworks

Menggunakan sistem payroll dari Just Works seperti yang ditawarkan penggunaanya untuk memudahkan pekerjaan divisi HRD, serta untuk memudahkan proses pembayaran dan penghitungan potongan gaji karyawan.

Bagi perusahaan dengan skala kecil atau besar dengan jumlah karyawan berjumlah ratusan orang, bisa menggunakan sistem payroll perusahaan Just Works, karena sistemnya otomatis untuk gaji, tunjangan, dan memotong cuti karyawan serta bisa mengklasifikasikan bidang kerja karyawan tergantung dari status mereka di dalam perusahaan.

Selain itu beberapa keuntungan memilih sistem payroll Justworks adalah memudahkan pembayaran gaji bahkan untuk karyawan part-time.

Kelebihan dashboard karyawan di dalam software payroll juga memudahkan proses pengecekan semua yang berhubungan dengan kepegawaian, hingga mengelola aturan perusahaan mengenai cuti serta izin sakit karyawan.

Memiliki SDM tools

Dengan tools dari sistem payroll JustWork, tanpa menggunakan cara manual serta bisa mengelola tim Anda hanya dari satu tempat. Karena sistem terintegrasi penuh sehingga mudah membuat serta melihat laporan yang dibuat sebelumnya, dan banyak lagi dengan HRIS yang terintegrasi penuh.

Mampu menjalankan penggajian dengan lancar — Justwork bisa menangani pemotongan tunjangan dan pemotongan pajak untuk Anda. Tanpa biaya tambahan, lakukan pembayaran di luar siklus, vendor, dan kontraktor saat Anda membutuhkannya, dengan opsi untuk menambahkan integrasi pelacakan waktu yang andal untuk proses penggajian yang benar-benar lancar.

3. Ramco Global Payroll

Ramco Global Payroll adalah perangkat lunak sumber daya manusia yang dirancang untuk membantu bisnis mengotomatiskan proses penggajian menggunakan aturan khusus organisasi, manajemen kepatuhan, dan komunikasi karyawan. Fitur utama termasuk manajemen manfaat, setoran langsung, manajemen penggajian, outsourcing penggajian, pelacakan liburan/cuti, pencetakan cek, pelacakan waktu, dan pemotongan upah.

Tim HRD yang menggunakan Ramco Global Payroll dapat menghasilkan laporan dan mendapatkan wawasan tentang pemrosesan gaji, kesiapan penggajian, dan operasi penggajian multi-negara dari platform terpadu. Solusi swalayan memungkinkan profesional SDM untuk mengelola transaksi dengan sistem HCM melalui email, memfasilitasi komunikasi di seluruh departemen. Selain itu, chatbot bawaan menggunakan pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran mesin untuk membangun percakapan yang menarik dengan karyawan.

Ramco Global Payroll dapat di-host di cloud, di tempat atau sebagai penawaran layanan terkelola sambil mempertahankan kepatuhan terhadap peraturan standar berdasarkan beberapa lokasi geografis. Harga tersedia untuk langganan bulanan dan bervariasi menurut wilayah, pengguna, dan faktor lainnya. Dukungan diperluas melalui dokumentasi, email, dan meja bantuan online.

4. ADP Workforce Now

ADP Workforce Now adalah rangkaian SDM komprehensif yang menggabungkan semua proses penggajian inti dan manajemen SDM ke dalam satu platform berbasis database. ADP Workforce Now mencakup manajemen penggajian, pelacakan waktu dan kehadiran, manajemen bakat, administrasi tunjangan, dan manajemen SDM yang lengkap.

Fungsi ADP Workforce Now

Pengguna dapat mengintegrasikan ADP Workforce Now ke dalam sistem SDM pihak ketiga yang sudah teruji kinerjanya, akurat serta mudah cara pemakaiannya..

Sehingga dengan database SDM terpusat, ADP Workforce Now dapat memanfaatkan data SDM dari berbagai sistem untuk membantu pengguna mengotomatiskan pelacakan waktu, mengelola jadwal karyawan, dan mendapatkan visibilitas tingkat tinggi dari semua karyawan di kantor dan jarak jauh.

Bahkan pengguna juga dapat mengakses komponen penggajian ADP Workforce untuk melihat pratinjau laporan penggajian dan menemukan kesalahan sebelum diproses.

APD Workforce terutama digunakan oleh manajer SDM dan administrator penggajian dalam bisnis skala menengah yang perlu menghubungkan beberapa sistem SDM ke dalam satu platform.

4. Quickbooks online

Quickbooks Online adalah perangkat lunak akuntansi berbasis web yang mengontrol semua aspek dari sisi keuangan bisnis, seperti pembayaran gaji karyawan dan lain sebagainya.

Perangkat lunak ini dapat digunakan di berbagai bidang keuangan seperti pembukuan, penggajian, manajemen faktur, rekonsiliasi bank, pelacakan pengeluaran, pelaporan keuangan, manajemen pajak, dan banyak lagi.

Fungsi Quickbook online

Sistem payroll perusahaan bernama Quickbooks ini adalah sistem payroll berbasis web, yang dapat diakses dari browser web apa pun. Tidak ada instalasi atau unduhan yang diperlukan untuk menggunakan perangkat lunak.

Pengguna dapat mengambil foto tagihan dan mengirimkannya sebagai bukti pengeluaran atau berbagi dengan pemangku kepentingan terkait serta mengunduh dan merekonsiliasi transaksi kartu kredit

Sistem payroll Quickbooks Online dapat digunakan oleh pekerja lepas atau freelancer, usaha kecil, dan bisnis menengah di industri apapun termasuk restoran, ritel, konstruksi, hukum, nirlaba, dan banyak lagi.

Sistem Quickbooks Online menawarkan 5 paket harga untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Paket tersebut berbasis langganan dan ditagih dengan tarif per bulan yang dapat dibatalkan kapan saja. Setiap paket dilengkapi dengan pengaturan ahli gratis. Paket terendah dimulai dari US$7,50 per bulan yang ditujukan untuk pekerja lepas atau wiraswasta.

Paket awal yang sederhana untuk usaha kecil dihargai US$12,50 per bulan yang mencakup manajemen faktur dan laporan pajak yang dibuat secara otomatis sementara paket penting dihargai US$25 per bulan yang mencakup lebih banyak pengguna, pelacakan waktu, dan pembayaran tagihan.

Paket plus dihargai US$40 per bulan dan dilengkapi dengan lebih banyak kursi pengguna, pelacakan inventaris, dan pelacakan profitabilitas proyek. Paket Lanjutan untuk perusahaan menengah dihargai US$95 per bulan dan dilengkapi dengan 25 kursi, pelatihan sesuai permintaan, faktur batch, aplikasi premium, dan banyak lagi.

Ilustrasi. Foto Pixabay.

5. Xero Payroll

Xero adalah sistem akuntansi berbasis cloud yang dirancang untuk menyederhanakan tugas bisnis seperti membayar tagihan, mengelola klaim pengeluaran, membuat faktur, dan banyak lagi.

Fungsi dan kelebihan Xero Payroll

Hub utama Xero dapat diakses secara online dan digunakan untuk mengelola data staf dan klien. Alat Manajer Praktiknya digunakan untuk mengelola pekerjaan, menetapkan tugas, dan melacak waktu. Xero dapat diintegrasikan dengan sistem eksternal dan terhubung ke rekening bank untuk menyediakan umpan transaksi otomatis.

Xero terutama digunakan oleh pemilik usaha kecil, akuntan, dan pemegang buku.

Xero menawarkan tiga paket harga. "Awal" adalah untuk bisnis baru, pedagang tunggal, dan wiraswasta dan adalah US$5,50 per bulan. "Tumbuh" adalah untuk usaha kecil/berkembang dan US$16 per bulan. "Didirikan" adalah untuk bisnis yang sudah mapan dan US$31 per bulan.

Aplikasi seluler Xero Accounting (untuk iOS dan Android) menyediakan akses on-the-go ke faktur, kontak, saldo rekening bank, pengeluaran, arus kas, dan banyak lagi.

6. BambooHR Payroll

BambooHR adalah solusi HR all-in-one yang menyediakan sistem informasi sumber daya manusia (HRIS) terintegrasi yang dirancang untuk merampingkan pengumpulan data HR, orientasi, perekrutan, kompensasi penggajian, dan proses manajemen karyawan lainnya.

Fungsi dan kelebihan BAMBOOHR

Dengan memakai sistem payroll perusahaan BambooHR, manajer SDM dapat memusatkan semua informasi karyawan di satu tempat dan mengelola data tenaga kerja menggunakan alat pelaporan dan pengeditan.

Menggunakan sistem pelacakan pelamar terintegrasi Bamboo, pengguna melacak penilaian perekrutan untuk setiap kandidat, mengirim pemberitahuan kepada kandidat di setiap tahap proses, dan berkolaborasi dengan orang lain dalam keputusan perekrutan.

Pengguna juga dapat mengumpulkan dan melacak jam kerja, permintaan cuti, dan cuti berbayar untuk memastikan penggajian yang akurat untuk setiap karyawan.

Sistem payroll perusahaan BambooHR terutama digunakan oleh para staf HRD, Manajer SDM, staf tim rekrutmen, dan Manajer umum dalam bisnis atau perusahaan kecil dan menengah.

Kesimpulan

Sistem payroll perusahaan adalah layanan aplikasi yang khusus mengelola penggajian karyawan perusahaan kecil dan menengah. Memudahkan proses penggajian karyawan, administrasi karyawan serta pengelolaan SDM.

Aplikasi payroll ini berbasis web dan mobile sehingga mudah diakses dari manapun, memudahkan tugas HRD dalam memantau absensi karyawan secara real time sehingga lebih mudah dalam penilaian kinerja karyawan yang sedang WFH atau di masa pandemi Covid-19 ini.

Sistem payroll perusahaan dari Talenta by Mekari akan menjawab semua kebutuhan perusahaan Anda, sehingga tidak menyita waktu dan tenaga, karena seluruh proses penggajian dan pengelolaan SDM terintegrasi dalam satu sistem aplikasi. Sehingga Anda bisa maksimal mengembangkan perusahaan Anda tanpa dipusingkan oleh masalah teknis manajemen keuangan dan SDM.

img
Tim copywriter
Reporter
img
Tim copywriter
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan