close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Memperingati HUT ke-494 DKI Jakarta, hari ini (22/06) Tokopedia menggelar Virtual Media Briefing dengan tema Nyok Kite Lestarikan Budaya Betawi lewat Karya UMKM Lokal, untuk membagikan dua kisah inspiratif UMKM asal Jakarta yang mempertahankan budaya Beta
icon caption
Memperingati HUT ke-494 DKI Jakarta, hari ini (22/06) Tokopedia menggelar Virtual Media Briefing dengan tema Nyok Kite Lestarikan Budaya Betawi lewat Karya UMKM Lokal, untuk membagikan dua kisah inspiratif UMKM asal Jakarta yang mempertahankan budaya Beta
Sosial dan Gaya Hidup
Selasa, 22 Juni 2021 18:02

Intip dua UMKM lokal lestarikan budaya Betawi lewat Tokopedia

Tokopedia mencatat asinan sayur Betawi, bumbu soto Betawi dan celana batik harian Betawi menjadi produk khas Betawi yang paling dicari.
swipe

Pandemi justru meningkatkan rasa bangga buatan Indonesia. Terbukti dari data Tokopedia, misal selama kampanye Bangga Buatan Indonesia awal Mei 2021 berlangsung, transaksi makanan dan minuman meningkat lebih dari dua kali lipat, sedangkan fashion lebih dari enam kali lipat.

“Memperingati HUT ke-494 DKI Jakarta, Tokopedia mencatat asinan sayur Betawi, bumbu soto Betawi dan celana batik harian Betawi menjadi produk khas Betawi yang paling dicari masyarakat selama 2020,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6).

Tokopedia pun membagikan dua kisah inspiratif UMKM asal Jakarta yang mempertahankan budaya Betawi lewat bisnis daring dan produknya.

Caramia-Tioria by Caramia, bangga angkat motif khas Betawi sebagai produk andalan

Berbekal pendidikan desain dan fesyen di Amerika, Thekla Odelia Caramia kembali ke Indonesia untuk mendirikan usaha Tioria by Caramia pada 2017. Ia fokus menghasilkan beragam produk fesyen dengan tema kekayaan budaya Indonesia, termasuk budaya Betawi. 

Caramia menciptakan produk sesuai dengan tren fesyen saat ini, seperti baju tidur, scarf, tote bag hingga masker.

“Semua produk kami desain sendiri dengan mengangkat tema budaya yang unik, mulai dari moda transportasi, tempat wisata hingga ondel-ondel sebagai ikon Jakarta. Warna-warna cerah pun selalu kami gunakan sebagai ciri khas produk kami,” jelasnya.

Demi meningkatkan penjualan, Caramia pun memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia.

“Kini sekitar 60% penjualan berasal dari Tokopedia dan penjualan kami pun meningkat tiga kali lipat dalam masa pandemi,” ujarnya. Ia menambahkan, “Semoga melalui usaha saya ini semakin banyak anak muda yang bangga menggunakan produk lokal, sekaligus turut melestarikan budaya khas Betawi agar tidak punah,” ucap dia.

Ukrumah-CariSouvenir, jaga budaya Betawi dengan ciptakan kerajinan tangan ondel-ondel

Ukrumah Suda percaya bahwa kerajinan tangan khas Indonesia bisa menjadi penghasilan dan menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat. Ini menjadi inspirasi di balik berdirinya CariSouvenir pada 2014 yang menggandeng pengrajin lokal dari berbagai wilayah di Jawa, termasuk dari Yogyakarta, Pekalongan, Jepara hingga Bali.

“Melalui CariSouvenir, kami memproduksi sendiri berbagai produk suvenir termasuk ondel-ondel, mulai dalam varian boneka kayu, magnet kulkas, gantungan kunci hingga alat musik Karimba. Bahan kayu dan cat yang kami gunakan pun legal dan ramah lingkungan,” katanya.

Selain melakukan inovasi produk secara berkala, Ukrumah juga memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia untuk memasarkan produknya.

“Lewat Tokopedia, CariSouvenir bisa dikenal lebih banyak masyarakat, termasuk dari Yogyakarta, Jawa Timur, Batam, Aceh, Balikpapan, Bali hingga Gorontalo. Ini tentunya berdampak pada omzet kami yang mencapai Rp60 juta,” terangnya.

img
Indah Nawang Wulan
Reporter
img
Hermansah
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan