close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Foto: Pixabay
icon caption
Foto: Pixabay
Sosial dan Gaya Hidup
Senin, 11 September 2023 13:07

Kenapa kita suka cerita horor?

“Saya rasa saya belum pernah bertemu dengan seseorang yang tidak menikmati ketakutan rekreasional,” katanya.
swipe

Sebagian besar orang tidak ingin menghadapi ketakutan nyata terhadap hal gaib atau yang disebut 'hantu' di kehidupan nyata. Namun, kenapa orang justru menyukai cerita horor? dan bahkan menjadi seperti kecanduan untuk menikmatinya.

Ternyata fenomena seperti itu dikenal dengan istilah “Paradoks horor”. Itu adalah rasa takut, yang dalam situasi yang tepat, bisa menjadi hal yang menyenangkan. Dan rasa takut yang bersifat rekreasional, demikian sebutannya, juga dapat bermanfaat bagi kita.

Bersenang-senang dengan rasa takut adalah “alat pembelajaran yang sangat penting,” kata Mathias Clasen, direktur Recreational Fear Lab di Aarhus University di Denmark. “Kita belajar sesuatu tentang bahaya yang ada di dunia. Kita belajar sesuatu tentang tanggapan kita sendiri: Bagaimana rasanya takut? Seberapa besar rasa takut yang dapat saya tanggung?”

Film horor menjadi lebih populer. Dan dalam sebuah survei terhadap lebih dari 1.000 orang Amerika, yang dilakukan oleh Clasen, 55 persen menggambarkan diri mereka sebagai penggemar horor. Namun, horor bukanlah satu-satunya genre yang dianggap menakutkan dan menyenangkan, katanya.

Banyak orang yang tidak menganggap diri mereka penggemar rasa takut menikmati podcast dan novel kriminal yang menampilkan kekerasan dan pembunuhan. Orang lain mungkin menyukai film dokumenter alam tentang predator puncak seperti hiu dan beruang.

Bahkan bayi pun suka sedikit ketakutan. Cilukba adalah “ketakutan pada bayi,” kata Clasen. Permainan klasik masa kanak-kanak yaitu petak umpet dan petak umpet dapat dianggap sebagai simulasi predator vs mangsa. 

“Saya rasa saya belum pernah bertemu dengan seseorang yang tidak menikmati ketakutan rekreasional,” katanya.

Adrenalin dan kesempatan belajar
Jadi mengapa kita menyukainya? Ini adalah kombinasi dari adrenalin dan kesempatan untuk belajar menghadapi situasi menakutkan di lingkungan yang aman, kata para peneliti. Clasen dan rekan-rekannya mengidentifikasi tiga tipe umum penggemar horor: "adrenaline junkie”, “white-knucklers”, dan “orang-orang "dark choper”.

Adrenaline junkie mendapatkan peningkatan suasana hati dari pengalaman ketakutan yang bersifat rekreasional dan mencoba memaksimalkan pengalaman tersebut, seperti dengan secara aktif berfokus pada peristiwa menakutkan atau membiarkan diri mereka berteriak.

Saat kita merasa takut, sistem endokrin kita melepaskan adrenalin, noradrenalin, dan kortisol untuk membantu mempersiapkan tubuh kita menghadapi aktivitas fisik. Kita tahu Michael Myers dari franchise film “Halloween” tidak nyata, tetapi otak kita masih merespons seolah-olah dia adalah ancaman yang membawa pisau. Sebuah studi pencitraan otak menemukan bahwa menonton film horor mengaktifkan wilayah otak yang merespons ancaman seperti amigdala, korteks prefrontal, dan insula seolah-olah bahaya itu nyata.

Setelah kesibukan ini, banyak orang mengalami suasana hati yang meningkat. Sebuah penelitian meneliti bagaimana perasaan 262 orang dewasa sebelum dan sesudah mereka memasuki rumah berhantu yang ekstrim. Lima puluh persen orang mengatakan mereka merasa lebih baik setelah kunjungan tersebut. Rekaman otak sebelum dan sesudahnya menunjukkan bahwa mereka yang suasana hatinya membaik memiliki respons saraf yang lebih kecil terhadap pemicu stres berikutnya, yang dikaitkan dengan post-haunt high.

Namun, tingginya tidak memotivasi beberapa penggemar horor. Bagi white-knucklers dan orang-orang yang dark chopers, perasaan takut akan kesenangan lebih merupakan pembelajaran mandiri dan kemanjuran diri, kata Coltan Scrivner, seorang ilmuwan peneliti di Recreational Fear Lab di Universitas Aarhus. 

“Mereka mampu menantang ketakutan mereka, menantang diri mereka sendiri untuk menghadapi ketakutan mereka.”

White-knucklers mencoba untuk “keluar” dari pengalaman tersebut dengan mencoba menganggap situasi tersebut lucu atau mengurangi paparan mereka terhadap rangsangan yang menakutkan, kata Scrivner. Bukan karena mereka tidak menikmati pengalaman tersebut tetapi karena “orang-orang selalu berusaha untuk mencapai titik terbaik mereka,” katanya.

Penelitian Scrivner dan Clasen pada rumah berhantu menemukan adanya pola U terbalik pada seberapa besar rasa takut yang dianggap menyenangkan bagi seseorang. Terlalu sedikit rasa takut dan itu membosankan; terlalu banyak, dan itu menghasilkan lebih banyak kecemasan daripada kesenangan. Dan sweet spot kita mungkin bersifat individual.

Dark copers, tipe ketiga dari penggemar horor, tampaknya menggunakan media menakutkan untuk membantu mereka mengatasi kecemasan tentang dunia atau kehidupan mereka sendiri dengan berfokus pada ancaman yang lebih nyata.

Dengan mengetahui apa yang menyebabkan kita merasa takut dan gentar, orang bisa lebih mengontrol keadaan emosinya. Seiring waktu, dengan bermain-main dengan ketakutan dan kecemasan ini, orang-orang “secara implisit dapat mempelajari beberapa keterampilan mengatur emosi tentang bagaimana merasakannya karena Anda mengekspresikannya dan merasakannya di tempat yang aman,” kata Scrivner.

Dan terdapat bukti bahwa bermain-main dengan rasa takut secara teratur dapat membantu ketika ancaman nyata muncul. Pada awal pandemi, penggemar horor lebih tangguh secara psikologis, menurut temuan Scrivner dan Clasen. Bermain dengan rasa takut membantu kita mempelajari apa yang dilakukan tubuh kita di bawah tekanan dan bagaimana “berhasil melewatinya dengan utuh, apakah taruhannya cukup tinggi atau cukup rendah,” kata Clasen.(washingtonpost)

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan