close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Foto: Pixabay
icon caption
Foto: Pixabay
Sosial dan Gaya Hidup
Minggu, 25 Februari 2024 10:11

Panduan mini ke Yokohama, pintu gerbang Jepang menuju dunia

Saat ini, Yokohama merupakan kota terpadat kedua di Jepang.
swipe

Kurang dari 30 mil barat daya Tokyo, terdapat gedung-gedung pencakar langit serta kawasan ritel dan kehidupan malam, namun semuanya selaras dengan kuil-kuil kayu kuno, rumah-rumah beberapa pedagang asing pertama yang menetap di Jepang, dan tempat-tempat bersejarah lainnya yang berwarna-warni – dan terkadang penuh gejolakmasa lalu.

Ketika Komodor Angkatan Laut AS Matthew Perry berlayar ke teluk di selatan Yokohama pada tahun 1853, bertugas meyakinkan shogun untuk mengakhiri kebijakan isolasi nasionalnya, ini adalah desa nelayan dengan sekitar 100 rumah.

Pada akhir dekade ini, kota ini telah berubah menjadi pintu gerbang ke Jepang dan kota berkembang pesat bagi para pedagang, imigran, dan petualang.

Saat ini, kota ini merupakan kota terpadat kedua di Jepang, namun untungnya jantung Yokohama masih relatif padat dan banyak hal yang dapat dijelajahi dengan berjalan kaki – dengan masa lalu yang ada di setiap sudut modern.

Chinatown dan distrik Korea

Mengingat kedekatan Jepang dengan Tiongkok dan pentingnya perdagangan teh dan sutra pada tahun 1800-an, tidak mengherankan jika ribuan orang Tiongkok menetap di Yokohama, membangun sebuah daerah kantong di distrik Kannai beberapa blok dari tepi laut.

Ujung pemukiman ditandai dengan empat gerbang Tiongkok bergaya paifang, yang dihias secara rumit dengan dewa, naga, dan harimau. Terdapat lebih dari 600 bisnis di kawasan ramai ini, termasuk restoran yang menyajikan masakan otentik, supermarket yang dipenuhi barang impor, dan toko yang menjual pernak-pernik murah.

Terdapat dua kuil berwarna-warni, tempat penduduk setempat masih menyalakan dupa dan memberikan penghormatan kepada dewa-dewa Tiongkok. Mereka juga menjadi fokus perayaan selama perayaan tradisional Tahun Baru Imlek, ketika penari naga dan musisi berparade di jalanan.

Sedikit lebih jauh ke pedalaman terdapat distrik kota Korea yang lebih kecil, dengan tanda-tanda dalam karakter “hangul” dan restoran menyajikan bibimbap dan anggur beras makgeolli yang keruh.

Lebih kecil dari Chinatown, distrik ini di sebelah barat dibatasi oleh Sungai Ooka, seluruh areanya berwarna merah jambu selama musim bunga sakura di awal musim semi karena kelopak dari ratusan pohon yang berjajar di tepi sungai menangkap angin.

The Bluff

Para pendatang pertama dari Eropa dan Amerika di Yokohama diwajibkan oleh shogun untuk tinggal di pemukiman yang terjaga keamanannya di Kannai, tempat stadion bisbol kota itu berdiri saat ini. Namun seiring berjalannya waktu, mereka diizinkan membangun rumah baru di bagian kota yang paling banyak dicari.

Pengusaha dan pedagang kaya segera mulai berkumpul di rumah mereka di kawasan yang terletak tepat di sebelah selatan komunitas, yang dikenal sebagai The Bluff, memberi mereka pemandangan ke arah pelabuhan dan manfaat angin laut yang sejuk selama bulan-bulan musim panas yang terik dan lembap. Dan meskipun pandangan tersebut telah banyak berubah dalam 150 tahun terakhir, beberapa dari properti ini tetap ada.

Salah satu yang termegah adalah bangunan berdinding papan dan jendela besar bergaya Amerika-Victoria yang dibangun di lokasi bekas konsulat Italia untuk diplomat Jepang yang menjabat sebagai konsul jenderal Tokyo di New York. Dengan bijak, para desainer memilih untuk mempertahankan taman Italia yang luas dan fitur air.

Berrick Hall dibangun untuk pedagang Inggris B.R. Berrick pada tahun 1930 dan merupakan bangunan terbesar yang masih bertahan di wilayah tersebut. Bergaya Spanyol dan terdaftar sebagai Bangunan Bersejarah Kota Yokohama, bangunan ini memiliki ruang serbaguna di lantai dasar dan dapur kuno yang masih dipertahankan dengan baik.

Sedikit lebih jauh lagi terdapat gedung Bluff No. 234, yang dibangun pada tahun 1927, serta Gereja Kristus Anglikan di kota tersebut, yang didirikan pada tahun 1863, hanya beberapa tahun setelah pembukaan Yokohama sebagai pelabuhan perjanjian. Katedral Hati Kudus Yokohama memiliki jendela kaca berwarna yang mencerminkan warisan pelabuhan kota dan dibuka satu tahun sebelumnya, menjadikannya gereja tertua di Jepang.

Pemakaman Orang Asing

Dekade-dekade awal abad lalu ditandai dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi di seluruh Yokohama, namun pertumbuhan tersebut tiba-tiba terhenti pada tanggal 1 September 1923, ketika Gempa Bumi Besar Kanto berkekuatan 7,9 skala Richter mengguncang Jepang bagian timur.

Gempa tersebut menyebabkan kerusakan yang luas dan banyak korban jiwa, dengan banyak korban dikuburkan di Pemakaman Umum Asing Yokohama, yang terletak di lereng bawah dari puncak The Bluff.

Sebuah nisan tunggal bertuliskan nama 10 pendeta yang semuanya meninggal pada hari terjadinya bencana. Penanda lain di dekatnya mencantumkan nama setengah lusin suster Katolik. Leonardus Van Der Polder, yang lahir di Rotterdam pada tahun 1851, dimakamkan di sini bersama istrinya, Annie, dan masih banyak lagi korban tragedi tersebut.

Batu nisan lain yang lebih tua juga masih terkena dampak gempa, banyak yang retak dan disemen kembali setelah runtuh akibat guncangan hebat.

Berjalan-jalan melewati lebih dari 4.200 penanda kuburan adalah perjalanan sejarah yang menarik. Koresponden perang terkenal Dixie Tighe, dari New York Post, dimakamkan di sini setelah meninggal di Tokyo pada tahun 1946, dekat dengan insinyur Inggris Edmund Morel, yang membangun jalur kereta api pertama dari Yokohama ke Shimbashi, tetapi meninggal hanya satu tahun setelah tiba di Jepang pada tahun 1870.

Di bawah pohon terdapat patung dan batu nisan Hermann Grauert, yang membangun katedral Katolik dan selamat dari upaya pembunuhan oleh seorang samurai yang tidak puas dengan berkembangnya pengaruh asing di Jepang.

Koneksi Studio Ghibli

Hayao Miyazaki sangat dihormati sebagai seorang jenius dalam sinema animasi Jepang dan membuat film tahun 2011 “From Up on Poppy Hill” di Yokohama tahun 1960-an.

Ceritanya berkisar pada pelabuhan dan melihat protagonis sekolah menengah, Umi Matsuzaki, mengibarkan bendera sinyal bertuliskan “Saya berdoa untuk perjalanan yang aman” di tiang di The Bluff.

Tiang dan bendera saat ini dapat ditemukan berkibar di Harbour View Park.

Arena pacuan kuda Kaisar

Beberapa mil ke arah barat daya terdapat Taman Hutan Negishi, yang didominasi oleh tribun bekas Nippon Race Club yang menjulang tinggi.

Hanya tribun tersebut yang tersisa dari lintasan balap kuda gaya Barat pertama di Jepang, yang sempat megah pada tahun 1930-an.

Panel di bagian belakang tribun menunjukkan masa kejayaannya, dengan lounge yang menghadap ke trek, tribun juri, dan bilik taruhan. Kaisar Hirohito (1901-1989) rupanya merupakan penggemar balapan tersebut dan berkunjung beberapa kali.

Bertahun-tahun setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II, seluruh arena pacuan kuda diambil alih oleh otoritas pendudukan dan dijadikan pangkalan militer. Taman ini dikembalikan ke kota Yokohama pada tahun 1970-an dan terkenal dengan bunga sakura di musim semi, sedangkan Museum Kuda menceritakan kisah pacuan kuda di Jepang.

Taman Yamashita

Setelah gempa bumi tahun 1923, puing-puing bangunan dan infrastruktur Yokohama terdorong ke laut dan, selama bertahun-tahun, diubah menjadi Taman Yamashita. Taman mawar dirawat dengan baik dan halaman rumputnya sempurna untuk piknik musim panas dan pengamen yang melakukan trik mereka.

Ditambatkan di bagian depan berdinding batu adalah Hikawa Maru, sebuah kapal penumpang mewah yang diluncurkan pada tahun 1929 untuk beroperasi pada rute ke pantai barat AS dan mengangkut, antara lain, Charlie Chaplin dan Pangeran dan Putri Chichibu.

Kapal tersebut – yang dikenal sebagai “Ratu Pasifik” – berfungsi sebagai kapal rumah sakit selama Perang Dunia II dan kemudian menghabiskan enam tahun lagi untuk memulangkan pasukan Jepang setelah Tokyo menyerah.

Sebuah museum terapung saat ini, pengunjung dapat mengagumi kabin dan interior art deco yang telah dipugar dan, di bulan-bulan musim panas, menikmati bir dingin di taman bir dek buritan.

Distrik Gudang Bata Merah
​Di sepanjang jalan layang di ujung utara taman yang dulunya berfungsi sebagai jalur kereta api menuju pelabuhan terdapat kompleks gudang bata merah yang dulunya merupakan pusat aktivitas seabad yang lalu.

Terlalu kecil untuk memuat muatan kapal modern, gudang tersebut telah diubah menjadi butik, bar, dan restoran, dengan ruang terbuka besar yang digunakan untuk acara dan pameran, dari festival bir hingga pameran mobil antik.

Dari depan sini, kapal feri penumpang melintasi pelabuhan, memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat kota dari atas air.

Modernitas di Minato Mirai
Berbeda sekali dengan bangunan bersejarah di Yokohama, gedung pencakar langit Minato Mirai yang terbuat dari baja dan kaca, dibangun di atas tanah reklamasi selama 30 tahun terakhir dan menghubungkan area pelabuhan asli dengan Stasiun Yokohama.

Dekat dengan pertokoan dan mal ternama, restoran dan bar, hotel dan pusat konvensi adalah salah satu bianglala tertinggi di negara ini, serta taman hiburan Cosmo World dan kereta gantung baru.

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan