Masih gurihnya pasar penjualan mobil di Indonesia memicu platform jual beli mobil sekaligus startup unicorn otomotif di Asia Tenggara, Carro getol berekspansi.
Carro meresmikan Carro Square, sebuah bangunan terpadu yang menaungi kantor Carro Automall sebagai kantor dan pusat servis otomotif. Peresmian ini adalah bagian dari perayaan ulang tahun keenam sejak Carro dibuka di Indonesia. Carro juga resmi menambah dua showroom setelah sebelumnya membuka dua automall di Bekasi dan Semarang serta dua customer experience center (CEC) di Tangerang Selatan dan Semarang.
Carro Square juga akan menjadi tempat bagi Carro untuk melakukan berbagai macam kegiatan, mulai dari workshop untuk mengembangkan keterampilan mekanik hingga acara yang diadakan khusus untuk para konsumen.
"Carro Square adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan bagi konsumen untuk mendapatkan mobil bekas. Dengan memadukan teknologi dan layanan yang dipersonalisasi, konsumen dapat menikmati one stop solution, mulai dari konsultasi, mengakses riwayat lengkap kendaraan, melakukan test-drive, transaksi jual beli mobil, hingga layanan purna jual," ujar Co-Founder Carro, Aditya Lesmana, dalam keterangan resminya, Rabu (15/12).
CEO Retail Carro Indonesia, Shahrol Azman, mengatakan pada kuartal III-2021 ini Carro meningkatkan penjualan hingga sebelas kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu, di mana 45,87% transaksi dilakukan sepenuhnya secara daring. Hal ini tidak lepas dari pergeseran market konsumen yang kini didominasi generasi milenial. Bagi milenial, kepraktisan, dan kecepatan menjadi hal yang penting, dan penerapan teknologi menjadi solusi yang dapat menjawab kebutuhan mereka dalam membeli mobil.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan penjualan mobil naik sebesar 25% atau sekitar 83.000 pada Agustus 2021. Angka ini meningkat dari bulan Juli 2021 yang hanya mencapai 66.000.
Sejumlah inovasi Carro selama enam tahun beroperasi adalah meluncurkan perangkat lock dan unlock jarak jauh, yang memampukan konsumen untuk mengunci dan membuka pintu mobil dengan satu ketukan pada aplikasi Carro, hingga menguji coba aplikasi mobil revolusioner yang membebankan biaya premi asuransi mobil berdasarkan pemakaian kendaraan.
“Dengan meraih status unicorn pertama di industri otomotif Asia Tenggara pada putaran pendanaan Seri C di bulan Juni 2021 lalu, kami akan melanjutkan transformasi digital untuk memberikan pengalaman pelanggan yang inovatif. Kami juga akan mempercepat pengembangan kemampuan teknologi artificial intelligence (AI) di setiap tahap pembelian dan penjualan mobil, mulai dari mendeteksi defect selama proses inspeksi mobil, hingga bot untuk layanan konsumen sehingga dapat memberikan layanan secara lengkap dan transparan dalam proses transaksi,” ujar CEO Marketplace CARRO Indonesia, Jeremy Ong.