Dalam rangka menyambut Hari Game Indonesia pada 8 Agustus, Tokopedia berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf RI) dan Asosisasi Game Indonesia (AGI), menyelenggarakan kampanye #BeliGameLokal yang berlangsung pada 2-8 Agustus sebagai bagian dari rangkaian Baparekraf Game Prime 2021 Online.
External Communication Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengungkapkan, selama pandemi, masyarakat banyak melakukan kegiatan di rumah, salah satunya bermain game.
“Melalui kampanye #BeliGameLokal di Tokopedia, para peminat game dapat menikmati berbagai promo menarik untuk pembelian voucher game lokal, sekaligus mendorong pemerataan ekonomi kreatif secara digital,” kata Ekhel dalam keterangan tertulis, Senin (2/8).
Berikut adalah lima rekomendasi game lokal yang juga berpartisipasi pada kampanye #BeliGameLokal dan menarik untuk dicoba dari rumah.
1. DreatOut 2
Game ini dirilis pada Februari 2020, berlatar belakang cerita horror Indonesia tentang sekelompok pelajar yang terjebak di sekolah berhantu. DreatOut2 merupakan lanjutan dari Dreatut yang dirilis pada 2014. Game garapan Studio Digital Happiness, pengembang game asal Bandung ini bahkan sempat dijadikan film layar lebar pada 2019.
2. Coffee Talk
Game besutan studio Toge Productions yang dirilis sejak Juni 2020. Coffe Talk berhasil menjadi salah satu nominasi dalam penghargaan industri game tingkat global, D.I.C.E. Awards ke-24. Uniknya, dalam game ini, pemain juga dapat menemukan resep minuman khas Indonesia, seperti teh tarik, STMJ, hingga jahe tubruk.
3. Ghost Parade
Merupakan game buatan Indonesia yang diluncurkan pada November 2019 dengan mengusung tema hantu. Dikembangkan oleh Lentera Studio dengan publisher Aksys Games, Ghost Parade memiliki artwork dan desain yang menarik dengan kombinasi platform yang menantang bagi yang memainkannya.
4. MagiCat
Game ini terinspirasi dari permainan retro era 16-bit, MagiCat menampilkan kucing ajaib lucu yang melakukan petualangan mencapai 63 level, masing-masing dengan pertempuran unik mereka sendiri yang tersebar ke tujuh dunia. Game ini dibuat oleh pengembang lokal, yaitu Kucing Rembes.
5. Escape from Naraka
Sebuah game yang rilis pada Juli 2021 untuk wilayah Asia, termasuk Indonesia. Game keluaran Xelo Games asal Yogyakarta ini mengangkat tema budaya mitologi Bali. Pemain harus melewati berbagai tahapan pada kuil menyeramkan dengan menghindari berbagai tantangan sambil berkejaran dengan waktu.
Kemenparekraf RI melalui Tokopedia, salah satu platform digital yang mendukung kampanye #BeliGameLokal, menawarkan berbagai nilai tambah pada penggemar game lokal, seperti potongan harga hingga Rp100.000 dengan menggunakan kode promo “GAMELOKAL”.
“Tokopedia berharap hadirnya #BeliGameLokal dapat menginspirasi lebih banyak lagi pengembang game lokal dalam berinovasi agar dapat semakin dikenal sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bangga akan produk dan karya buata Indonesia,” tutup Ekhel.