Tom Cruise, superstar berusia 59 tahun itu, baru saja mendapatkan US$100 juta pertamanya di akhir pekan pembukaan “Top Gun: Maverick.” Dalam tiga hari pertama di bioskop-bioskop Amerika Utara, film itu menghasilkan sekitar US$124 juta dari penjualan tiket, kata Paramount Pictures, Minggu (29/5) waktu setempat. Termasuk pertunjukan internasional, totalnya di seluruh dunia adalah US$248 juta.
Ini adalah awal yang supersonik untuk sebuah film yang masih memiliki langit luas dari Memorial Day itu sendiri untuk mendapatkan lebih banyak uang. Menurut proyeksi dan perkiraan, pada penutupan Senin, "Top Gun: Maverick" kemungkinan memiliki pendapatan lebih dari US$150 juta.
“Hasil ini sangat luar biasa, sangat fantastis,” kata Chris Aronson, presiden distribusi domestik Paramount. “Saya senang untuk semua orang. Saya senang untuk perusahaan, untuk Tom, untuk para pembuat film.”
Sebelum "Maverick," debut domestik terbesarnya terjadi pada 2005, dengan "War of the Worlds" Steven Spielberg, yang dibuka dengan US$64 juta. Setelah itu adalah "Mission: Impossible-Fallout" dengan US$61 juta pada 2018.
“Top Gun: Maverick” memiliki perjalanan yang sangat panjang untuk sampai ke bioskop. Sekuel "Top Gun" mendiang Tony Scott, yang dirilis pada 1986, awalnya dijadwalkan untuk dibuka pada musim panas 2020. Kampanye pemasarannya secara teknis dimulai pada Juli 2019. Namun, pandemi menghalangi rencana itu. Dan itu tertunda beberapa kali. Disutradarai oleh Joseph Kosinski, diproduksi oleh Jerry Bruckheimer dan diproduksi bersama dan dibiayai bersama oleh Skydance, sekuel ini dilaporkan menelan biaya US$152 juta.
Tetapi bahkan ketika bulan, dan tahun, berlalu dan banyak perusahaan lain memilih untuk berkompromi pada rilis secara hibrida, Cruise dan Paramount tidak goyah pada keinginan mereka untuk memiliki rilis melalui teater besar. Debut streaming sama sekali bukan pilihan.
"Itu tidak akan pernah terjadi," kata Cruise di Cannes.
Dan ternyata dampaknya besar, dengan 4.735 bioskop Amerika Utara (sebuah rekor) menampilkan "Top Gun: Maverick." Itu juga dibuka di 23.600 lokasi dan 62 negara.
“Ini adalah salah satu landasan pacu terpanjang untuk kampanye pemasaran untuk setiap film yang pernah ada. Dan itu hanya menciptakan lebih banyak kegembiraan di sekitar film,” kata Paul Dergarabedian, analis media senior untuk Comscore. "Film ini benar-benar menunggu bioskop kembali."
Pembuatan film ini sama mencoloknya, dengan pertunjukan yang dihiasi jet tempur di kapal induk di San Diego dan Cruise di Festival Film Cannes, diberi penghargaan Palme d'Or, dan pemutaran perdana kerajaan Inggris di London dihadiri oleh Pangeran William dan istrinya Kate.
“Perasaan yang Anda dapatkan ketika menonton film ini dengan penonton, itu cukup istimewa,” kata Aronson. "Pemutaran besar pertama yang kami lakukan, ada tepuk tangan spontan selama pemutaran film."
Ulasannya juga luar biasa, dengan film ini meraih 97% di Rotten Tomatoes. Pemirsa, yang 58% laki-laki, memberikannya A+ CinemaScore, menurut jajak pendapat.
"Maverick" sekarang berada di antara pembukaan era pandemi teratas, yang masih dipimpin oleh "Spider-Man:No Way Home" dengan US$260 juta, diikuti oleh "Doctor Strange in the Multiverse of Madness" dengan US$187 juta dan "The Batman" dengan $134 juta .
Tetapi, "Top Gun: Maverick" adalah satu-satunya film non-superhero dalam kelompok itu. Itu juga menarik semua kelompok umur ke bioskop. Diperkirakan 55% penonton berusia di atas 35 tahun.
“Film superhero bukan untuk semua orang. Film ini untuk semua orang dan itulah yang membedakannya," kata Aronson. “Bisnis pameran teater memiliki tantangan di depannya, tetapi ini adalah kesempatan untuk itu.”
"The Bob's Burgers Movie" adalah satu-satunya rilis baru yang berani melawan "Top Gun." Dirilis oleh 20th Century Studios dan Disney, gambar animasi tersebut menghasilkan US$12,6 juta dari 3.425 lokasi. Film ini dibuka di tempat ketiga, di belakang "Doctor Strange 2," yang menghasilkan US$16,4 juta di akhir pekan keempat di bioskop.
Berikut perkiraan penjualan tiket untuk Jumat hingga Minggu di bioskop AS dan Kanada, menurut Comscore. Angka domestik final akan dirilis pada Selasa (31/5).
1. “Top Gun: Maverick,” US$124 juta.
2. "Doctor Strange in the Multiverse of Madness," US$16,4 juta.
3. "Bob's Burgers Movie," US$12,6 juta.
4. “Downton Abbey: A New Era,” US$5,9 juta.
5. "The Bad Guys," US$4,6 juta.
6. “Sonic the Hedgehog 2,” US$2,5 juta.
7. “Everything Everywhere All At Once,” US$2,5 juta.
8. “The Lost City,” US$1,8 juta.
9. “Men,” US$1,2 juta.
10. “F3: Fun and Frustration,” US$1 juta.