Film Avengers: Endgame, yang dirilis pada 24 April 2019 kemarin, tentunya menjadi sorotan publik dan topik perbincangan hangat di media sosial. Pasalnya, film besutan Marvel yang merupakan lanjutan dari Infinity War ini, konon dikabarkan akan menjadi film terakhir dari seri The Avengers.
Perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan terkait film Avengers: Endgame tersebut sebanyak 50,915 buzz di media sosial, terhitung sejak 1 April hingga 6 Mei 2019.
Dari perbincangan yang 88,9% berlangsung di Twitter ini, Isentia menemukan topik credit scene sebagai yang paling banyak dibahas oleh netizen.
"Kami menemukan banyak netizen membahas tentang tidak adanya credit scene di akhir film ini, tidak seperti di film-film Avengers biasanya," jelas Rendy Ezra, Insights Manager dari Isentia dalam keterangan tertulisnya.
Selain itu, ada pula unggahan dari akun Twitter @pakeotakmu, yang diretweet sebanyak 2.401 kali. Twit tersebut menunjukan bekas bungkus makanan yang ditinggalkan di dalam studio bioskop dengan caption utama 'Plis Jgn Seperti ini'.
Tokoh-tokoh superhero dalam film ini juga menjadi bahasan viral tersendiri bagi netizen. Dari total perbincangan terkait Avengers: Endgame, sebanyak 13,3% dari total buzz tersebut menyebutkan Thanos, diikuti dengan Thor 7,4%, Iron Man 6,9%, Spiderman 6,1%, Captain America 3,2%, Hulk 2,5% serta Captain Marvel yang juga muncul sebesar 1,8%.
Sementara, dari 903 buzz mengenai promosi film ini di media sosial, bioskop XXI dan CGV Cinemas mendapatkan mention paling banyak dibanding beberapa brand lain yang juga memiliki program promosi terkait.