close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Kampanye door to door masih banyak dipilih sejumlah capres dan cawapres./Antara
icon caption
Kampanye door to door masih banyak dipilih sejumlah capres dan cawapres./Antara
Infografis
Selasa, 11 Desember 2018 10:48

Kampanye door to door yang masih populer saat pemilu

Strategi konvensional door to door paling banyak digunakan capres dan cawapres. Strategi lain adalah microtargetting yang mulai populer.
swipe

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden atau capres dan cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin serta pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menggunakan strategi door to door dan microtargetting. Door to door paling dipilih Jokowi dan Ma'ruf Amin seperti: blusukan ke pasar dengan berdialog bersama sejumlah pedagang, serta menghadiri dan melantik sejumlah relawan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Lalu, bertemu dan berdialog dengan tokoh agama, menghadiri kegiatan olahraga serta komunitas. Hingga makan di sejumlah restoran yang tengah hits.

Hampir sama dengan lawannya, capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga juga melakukan kampanye dengan strategi door to door. Seperti, mengunjungi tokoh agama dan pondok pesantren, melantik para relawan dan blusukan ke pasar. Hingga menonton bersama film Hanum dan Rangga. 

Sedangkan kampanye microtargetting menggunakan big data untuk mengetahui wilayah mana yang berpotensi menjadi kantong pemenangannya.

img
Mona Tobing
Reporter
img
Mona Tobing
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan