MCU: Metamorfosis dari komik hingga layanan streaming digital
Seri film layar lebar “Avengers” memang menjadi fenomena tersendiri di jagad hiburan dunia. Betapa tidak, sejak diputar di berbagai sinema pada 2012, seri superhero besutan Marvel Cinematic Universe (MCU) tersebut sukses menyedot jutaan penonton lintas usia dan generasi. Bahkan karena pertimbangan bisnis, seri ketiganya pun (trilogi), dipecah menjadi dua film. Salah satunya, “Avengers: End Game” sukses menjadi film terlaris sepanjang masa, menumbangkan Avatar dan Titanic yang sudah belasan tahun bertengger di posisi 1 dan 2.
Jejak MCU yang diprakarsai produser film bernama Kevin Feige, membuat debut pertamanya lewat Iron Man (2008). Lalu disusul film-film tentang karakter marvel lainnya, seperti Hulk, Captain America (3 Film), Thor (3 Film), Spiderman, Ant-Man, Dr Strange, Captain Marvel, Black Panther, dan lain-lain, sampai yang terakhir, bisa kita nikmati “Spiderman: Far From Home” (2019). Mereka lalu dipersatukan lewat seri film Avengers, kelompok superhero Bumi yang bertugas “membalas” kejahatan makhluk bumi maupun luar angkasa lain yang berniat menyerang dan merusak Bumi.
Mayoritas karakter superhero Marvel diciptakan oleh Almarhum Stan Lee, sejak 1940-an. Lee adalah seorang legenda buku komik Amerika. Lewat imajinasinya yang luar biasa, Lee lalu mengarang tokoh super dengan berbagai kekuatan uniknya. Uniknya, komik Marvel tidak hanya digemari anak-anak dan remaja, bahkan pria dan wanita dewasa Amerika dan Eropa pun menggandrungi alur cerita dan ketegangan yang dibangun. Komik Marvel pun laris-manis. Sama dengan Komik-komik Grup DC-Comics yang mengangkat tokoh fiksi legendaris semacam Batman, Superman, dan Wonder Woman, Komik Marvel pun banyak melahirkan ikon superhero seperti Spiderman, The Incredible Hulk, dan Captain America.
Kevin Feige yang adalah seorang penggila buku komik, rupanya cukup jeli melihat peluang yang ada. Banyak sekali tokoh Marvel yang memiliki potensi, namun kurang mendapatkan asupan perhatian. Sebelumnya Marvel dan Sony (Sebelum MCU lahir) telah sukses besar mengangkat trilogi Spiderman yang dibintangi oleh Tobey McGuire menjadi film-film super-laris. Kevin melihat, bahkan semua tokoh Marvel pun memiliki peluang yang sama seperti Spiderman untuk menjadi besar. Maka dari itu, berawal dari dana pinjaman sebesar US$525 juta, MCU pun menyusun set list produksi film, dan membuat film perdana mereka: Iron Man, dan mulai menuai jalan sukses mereka. Iron Man yang dulunya tidak begitu dikenal, saat ini adalah tokoh fiksi superhero paling popular di dunia, sejajar dengan Superman, Batman, dan Spiderman. Bahkan Film Iron Man 3 masuk dalam jajaran 20 Film terlaris sepanjang masa. Bahkan salah seorang Youtuber Indonesia memakai analogi “seperti menjadi Iron Man” untuk menggambarkan kelezatan sebuah makanan.
Tak hanya itu, Kevin dan MCU juga berhasil mengangkat “Black Panther” menjadi salah satu ikon superhero dunia. Film pertamanya bahkan masuk ke jajaran 10 besar film terlaris sepanjang masa. Bagi kalangan “Kulit Hitam” dunia, Black Panther telah menjadi “Number One Superhero” mereka.
Untuk film Black Panther selanjutnya, Kevin Feige dan MCU sepertinya harus mengubah alur cerita dan karakternya, dikarenakan wafatnya bintang utamanya, Chadwick Boseman.
Seri film layar lebar “Avengers” memang menjadi fenomena tersendiri di jagad hiburan dunia. Betapa tidak, sejak diputar di berbagai sinema pada 2012, seri superhero besutan Marvel Cinematic Universe (MCU) tersebut sukses menyedot jutaan penonton lintas usia dan generasi. Bahkan karena pertimbangan bisnis, seri ketiganya pun (trilogi), dipecah menjadi dua film. Salah satunya, “Avengers: End Game” sukses menjadi film terlaris sepanjang masa, menumbangkan Avatar dan Titanic yang sudah belasan tahun bertengger di posisi 1 dan 2.
Jejak MCU yang diprakarsai produser film bernama Kevin Feige, membuat debut pertamanya lewat Iron Man (2008). Lalu disusul film-film tentang karakter marvel lainnya, seperti Hulk, Captain America (3 Film), Thor (3 Film), Spiderman, Ant-Man, Dr Strange, Captain Marvel, Black Panther, dan lain-lain, sampai yang terakhir, bisa kita nikmati “Spiderman: Far From Home” (2019). Mereka lalu dipersatukan lewat seri film Avengers, kelompok superhero Bumi yang bertugas “membalas” kejahatan makhluk bumi maupun luar angkasa lain yang berniat menyerang dan merusak Bumi.
Mayoritas karakter superhero Marvel diciptakan oleh Almarhum Stan Lee, sejak 1940-an. Lee adalah seorang legenda buku komik Amerika. Lewat imajinasinya yang luar biasa, Lee lalu mengarang tokoh super dengan berbagai kekuatan uniknya. Uniknya, komik Marvel tidak hanya digemari anak-anak dan remaja, bahkan pria dan wanita dewasa Amerika dan Eropa pun menggandrungi alur cerita dan ketegangan yang dibangun. Komik Marvel pun laris-manis. Sama dengan Komik-komik Grup DC-Comics yang mengangkat tokoh fiksi legendaris semacam Batman, Superman, dan Wonder Woman, Komik Marvel pun banyak melahirkan ikon superhero seperti Spiderman, The Incredible Hulk, dan Captain America.
Kevin Feige yang adalah seorang penggila buku komik, rupanya cukup jeli melihat peluang yang ada. Banyak sekali tokoh Marvel yang memiliki potensi, namun kurang mendapatkan asupan perhatian. Sebelumnya Marvel dan Sony (Sebelum MCU lahir) telah sukses besar mengangkat trilogi Spiderman yang dibintangi oleh Tobey McGuire menjadi film-film super-laris. Kevin melihat, bahkan semua tokoh Marvel pun memiliki peluang yang sama seperti Spiderman untuk menjadi besar. Maka dari itu, berawal dari dana pinjaman sebesar US$525 juta, MCU pun menyusun set list produksi film, dan membuat film perdana mereka: Iron Man, dan mulai menuai jalan sukses mereka. Iron Man yang dulunya tidak begitu dikenal, saat ini adalah tokoh fiksi superhero paling popular di dunia, sejajar dengan Superman, Batman, dan Spiderman. Bahkan Film Iron Man 3 masuk dalam jajaran 20 Film terlaris sepanjang masa. Bahkan salah seorang Youtuber Indonesia memakai analogi “seperti menjadi Iron Man” untuk menggambarkan kelezatan sebuah makanan.
Tak hanya itu, Kevin dan MCU juga berhasil mengangkat “Black Panther” menjadi salah satu ikon superhero dunia. Film pertamanya bahkan masuk ke jajaran 10 besar film terlaris sepanjang masa. Bagi kalangan “Kulit Hitam” dunia, Black Panther telah menjadi “Number One Superhero” mereka.
Untuk film Black Panther selanjutnya, Kevin Feige dan MCU sepertinya harus mengubah alur cerita dan karakternya, dikarenakan wafatnya bintang utamanya, Chadwick Boseman.
Strategi fase menjadi senjata ampuh
Sebagai salah satu strategi bisnis, MCU pun menyusun periodeisasi penggarapan film MCU menjadi beberapa fase (phase), agar penonton layar lebar tidak jenuh dan selalu mendapat penyegaran. Tiap fase mengangkat tema, karakter, dan warna yang berbeda. Saat “Avengers: End Game” berakhir, MCU sudah memasuki fase keempat.
Sebagai bukti upaya penyegaran, di akhir fase ketiga, MCU dengan sengaja “mematikan” beberapa karakter, di antaranya “Iron Man”, “Captain America”, dan “Black Widow”, untuk digantikan dengan karakter yang lebih baru dan muda. Namun, untuk karakter Black Widow sendiri sudah diproduksi film solonya, yang rencananya akan tayang di 2020, namun karena terkendala pandemi Covid-19, penayangan film diundur ke akhir 2021.
Untuk fase keempatnya, pada akhir Desember 2020 lalu, MCU sudah mengumumkan beberapa film layar lebar dan film serial khas MCU, di antaranya “Thor: Love and Thunder”, “Doctor Strange 2”, “Captain Marvel 2”, “Black Panther 2”, “Guardians of The Galaxy 3”, “Wanda-Vision”, “Falcon and The Winter Soldier”, “Loki”, “Hawkeye”, “She-Hulk”, “I Am Groot”, dan beberapa film dari luar “Universe” Avengers, seperti “Fantastic Four Reboot”, “The Eternals”, “Moonknight”, “Shang Chi”, “Quantum Mania” dan masih banyak lagi.
Bergabung dengan Grup Disney
Setelah berdiri dan mendapat gelontoran dana dari investor sebesar US$525 juta di pertengahan 2007, MCU lalu mendapat guyuran dana segar lagi sebesar US$4 miliar ketika menyatakan diri bergabung dengan Disney Corporation pada akhir 2009. Raksasa Hiburan yang didirikan Walt Disney ini melihat potensi keuntungan besar yang akan didapatkan dengan mengakuisisi MCU. Otomatis, 5.000 karakter Marvel bisa mereka kembangkan menjadi mesin kreatif, sekaligus mesin uang baru.
Disney dan MCU ternyata memiliki ambisi menyatukan hak cipta waralaba semua karakter komik Marvel dalam satu grup perusahaan. Setelah melalui negosiasi yang panjang, saat ini MCU akhirnya sudah memiliki hak cipta waralaba karakter X-Men, dan Fantastic Four. X-Men sendiri memiliki ratusan karakter superhero mutan yang sangat legendaris, seperti Wolverine, Quicksilver, Magneto, Dark Phoenix, Professor X, Cyclops, Storm, dan lainnya. Fox sendiri sebagai induk dari Waralaba X-Men, sebelumnya sudah memproduksi sekitar 11 film layar lebar dan beberapa di antaranya menuai sukses besar dan masuk jajaran 100 Film terlaris sepanjang masa. Menurut kabar terbaru, karakter Antihero, Deadpool pun saat ini sudah dipegang lisensinya oleh MCU.
Lini bisnis baru: Film via streaming
Pandemi Covid-19 rupanya menjadi momentum bagi Disney untuk semakin membuat bisnis layanan streaming mereka, Disney Plus, menjadi lebih moncer. Terbukti jumlah unduhan Disney Plus pun langsung melejit di 2020. Berbagai mini series karakter Marvel pun siap mereka tayangkan di 2021.
Dimulai dari serial “Wandavision” yang sudah dibuat sembilsn episode, dan mulai ditayangkan 15 Januari 2021. “WandaVision” akan disusul oleh serial “Falcon and The Winter Soldier” di Maret 2021, kemudian serial Loki di Mei 2021.
Layanan Disney Plus (Disney+) ini otomatis menjadi andalan para penggemar Marvel yang haus akan santapan audio visual film-film superhero Marvel. Layanan streaming Disney+ sendiri, untuk pasar Asia Tenggara menggandeng Hotstar (Perusahaan India), dan resmi meluncur di Indonesia September 2020.
Disney+ Hotstar memiliki beragam katalog konten yang dibuat oleh studio-studio yang berada di bawah naungan Disney, seperti Pixar, Marvel, 20th Century Fox, hingga National Geographic. Hingga kini Disney+ mengklaim telah memiliki lebih dari 500 film dan 7.000 serial episode, termasuk The Mandalorian, sebuah serial live-action Star Wars pertama.
Bahkan dalam tempo sehari paskapeluncuran, Disney Plus mengklaim telah menggaet 10 Juta pelanggan. Mode bisnis serupa juga mulai banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan internasional, karena memang peluangnya ada pada kebiasaan orang-orang yang menggantungkan kehidupannya pada gadget, ditambah lagi terjadinya pandemi Covid-19, yang membuat orang semakin banyak mencari hiburan di rumah saja.