close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi: Para pria membaca koran lokal Minggu dengan tajuk utama tentang penguncian di Harare, Zimbabwe, 3 Januari 2021. Foto  EPA-EFE/AARON UFUMELI
icon caption
Ilustrasi: Para pria membaca koran lokal Minggu dengan tajuk utama tentang penguncian di Harare, Zimbabwe, 3 Januari 2021. Foto EPA-EFE/AARON UFUMELI
Media
Jumat, 31 Desember 2021 14:05

Bagaimana wartawan menemukan sumber pendapatan di Zimbabwe

Jurnalis lepas adalah salah satu cara paling umum, namun kompetitif, bagi jurnalis untuk mencari nafkah.
swipe

Efek ekonomi sebelum dan sesudah merebaknya COVID-19 telah memaksa banyak ruang redaksi di seluruh dunia tutup, dan banyak jurnalis kehilangan pekerjaan. Zimbabwe tidak terkecuali.

Setiap tahun juga, banyak jurnalis muda baru lulus dan memasuki pasar kerja media yang sudah ketat di negara tersebut. Saat mereka melakukannya, mereka menemukan cara untuk mencari nafkah, dari jurnalis lepas hingga alternatif inovatif.

Jurnalis lepas

Jurnalis lepas adalah salah satu cara paling umum, namun kompetitif, bagi jurnalis untuk mencari nafkah.

Farai Shawn Matiashe, seorang freelancer Zimbabwe, yang artikelnya telah muncul di Al Jazeera English, Thomson Reuters Foundation, The Africa Report, di antara publikasi lainnya, mengatakan bahwa freelance membutuhkan kesibukan.

“Sulit untuk bertahan hidup sebagai jurnalis lepas. Media tidak lagi melakukan pembayaran seperti dulu. Mungkin karena pandemi. Ini kacau-balau,” kata Matiashe. “Menjadi jurnalis lepas adalah bisnis yang harus dikelola dengan baik. Ada kebutuhan untuk berinvestasi dalam bisnis freelance, peralatan, dan bahkan pengembangan kapasitas.”

Bagi Ray Mwareya, freelance adalah pekerjaan penuh waktu. Dia bekerja 9 jam sehari, melakukan penelitian, melakukan panggilan telepon, bepergian, melakukan wawancara, menulis dan mengedit.

Dia menghasilkan antara US$3.000 dan US$6.000 per bulan, terutama dari publikasi Eropa dan Amerika. “Trik untuk sukses menawarkan berita terletak pada agresif tawaran ke editor, dan ditolak, dan menawarkan lagi seperti orang gila,” katanya.

Menemukan peluang di platform dan media sosial

Situs web seperti Upwork atau Freelancer menawarkan platform yang bermanfaat bagi jurnalis untuk mendapatkan pekerjaan berbayar. Sementara itu, Pitchwhiz adalah situs baru yang mulai populer saat ini di kalangan jurnalis di Zimbabwe.

“Saya biasanya mendapatkan tugas baru melalui lokakarya dan pelatihan internasional yang saya hadiri di mana saya bertemu dengan editor dan reporter senior. Platform seperti Global Investigative Journalism Network, International Journalists Network, dan Opportunity Desk from Nigeria berbagi peluang besar,” kata Matiashe.

Baik Matiashe dan Mwareya aktif di media sosial, juga menganalisis tren untuk menghasilkan ide cerita. “Jangan pernah meremehkan kekuatan LinkedIn, Facebook, dan Twitter,” kata Matiashe.

Mwareya juga mendapatkan peluang freelance di media sosial. “Saya telah membangun hubungan daring dan pribadi yang solid dengan editor. Tapi, sumber pekerjaan lepas terbesar saya adalah saluran Twitter seperti Writers of Color, yang saya ikuti setiap hari untuk memeriksa panggilan freelance terbaru untuk penawaran.”

Jurnalisme investigasi

Lingkungan ekonomi dan politik Zimbabwe menyajikan banyak jalan untuk investigasi. Berbagai publikasi dan organisasi sering menyerukan reportase investigasi yang didanai.

The News Hawks, sebuah publikasi daring independen, yang terdiri dari jurnalis investigasi veteran telah menampilkan dirinya, misalnya, sebagai media investigasi yang kuat di negara ini — tetapi tetap saja, lebih banyak lagi yang diterima. “Platform digital terkemuka di Zimbabwe untuk investigasi dan berita terkini. Kami sedang mencari mangsa,” kata laman Facebook News Hawks.

Penulis lain seperti Matiashe telah melaksanakan tugas, menggunakan dana dari organisasi yang berbeda untuk memulai liputan lingkungan.

Platform Berita WhatsApp

Wartawan lain memanfaatkan WhatsApp. Peningkatan penetrasi aplikasi perpesanan di negara ini telah menawarkan penerbit berita sebuah jalan yang berbeda untuk secara teratur memperbarui pembaca mereka, serta menjual ruang iklan. Popularitas WhatsApp yang meningkat terjadi di negara yang hanya memiliki satu stasiun TV milik pemerintah sejak memperoleh kemerdekaan pada tahun 1980.

Meskipun negara itu memiliki lebih banyak stasiun radio, mereka sering diselimuti kontroversi, dengan izin yang diduga diberikan kepada kroni dan rekan politik. Lisensi radio sulit diperoleh dan, seperti negara lain, angka sirkulasi surat kabar semakin berkurang.

Media Nhau, misalnya, mengoperasikan lebih dari 700 grup WhatsApp untuk menjangkau pengguna dengan liputan mereka, dengan pengiklan membebankan biaya untuk menempatkan iklan di grup tersebut. “Kami menggunakan teknologi untuk menghadirkan konten media favorit Anda melalui WhatsApp,” Nhau menjelaskan di laman Facebook-nya.(ijnet)

img
Arpan Rachman
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan