Buzzer bayaran di Filipina: Senjata perang media sosial politisi
Buzzer telah menjadi hal yang menguntungkan bagi lebih dari beberapa orang Filipina, dan itu menjadi perhatian utama untuk pemilu Filipina tahun ini. Program Undercover Asia CNA memperoleh akses ke jaringan bayangan yang menyebarkan kebohongan bagi para politisi.
Ini adalah "pekerjaan mudah" yang telah dia lakukan penuh waktu sejak pandemi. Yang dia butuhkan hanyalah kartu SIM dan dia bisa bekerja dari rumah, atau di mana saja.
Sharon (bukan nama sebenarnya) tidak tahu siapa bos atau rekan kerjanya. Dia juga "tidak tertarik" untuk mengenal mereka.
“Yang penting adalah kami mendapatkan bayaran kami, dan kami memenuhi apa yang mereka minta,” katanya.
Misi pekerjaannya: Menyebarkan kebohongan kepada sebanyak mungkin orang. Menggunakan profil palsu — dan berbagai kartu SIM, sebenarnya — untuk menyusup ke grup media sosial, ia memiliki target harian setidaknya 150 kali dibagikan.
Sharon, yang berusia awal 30-an, adalah buzzer berbayar. Dia adalah bagian dari pasukan troll besar yang tersedia untuk disewa di Filipina, di mana para politisi diduga menggunakan jasa mereka untuk memanipulasi wacana politik dan mempengaruhi opini publik.
Buzzer di Filipina berpotensi menghasilkan antara 30.000 (Rp7.8 juta) hingga 100.000 peso (Rp26 juta) per bulan, menurut laporan berita di negara tersebut.
Itu membuat trolling menguntungkan secara finansial dibandingkan dengan tingkat upah bulanan rata-rata, yaitu sekitar 16.500 peso di semua pekerjaan dan industri yang dipantau pada tahun 2020.
Dan beginilah “politisi mempersenjatai disinformasi sekarang”, kata profesor komunikasi Universitas De La Salle Jason Cabanes.
“Bukan hanya satu kubu, tapi banyak kubu politik yang berbeda. Semua orang sepertinya terlibat di dalamnya. Mereka merasa perlu menjadi bagian dari permainan politik baru ini.”
Ini adalah perang media sosial. Dan seiring dengan berjalannya pemilihan umum Filipina tahun ini, program Undercover Asia CNA memperoleh akses ke jaringan disinformasi ini, dengan melihat kekuatan tak terlihat di balik politik negara tersebut.
TROLL
Menurut sebuah laporan oleh organisasi kemanusiaan Mercy Corps, kampanye disinformasi politik berlangsung dalam tiga fase: Pengembangan narasi inti; orientasi influencer dan operator akun palsu; serta diseminasi dan amplifikasi di media sosial.
Dalam kasus Sharon, dia mengatakan dia menerima instruksi untuk "mempromosikan orang tertentu" di media sosial untuk musim pemilu.
“Para pemimpin kami menyarankan untuk bergabung dengan kelompok yang memiliki lebih dari 3.000 anggota. Yang kami ikuti memiliki 50.000 anggota,” katanya, mengutip laman Facebook grup Filipina di luar negeri, misalnya, dan “grup patah hati”.
Untuk mendapatkan keterlibatan sebanyak mungkin, dia menargetkan emosi mereka.
“Saya membalas dengan sarkastis sehingga mereka menjadi lebih emosional ketika mereka merespons,” katanya. “Itu strategi kami. Itu cara yang lebih baik untuk mendorong lebih banyak komentar.”
Pekerjaannya mendukung keluarganya secara finansial, tetapi mereka tidak tahu persis apa yang dia lakukan. “Mereka tahu saya sibuk berkomentar di media sosial,” katanya. “Tapi mereka tidak tahu agenda sebenarnya dari pekerjaan saya.”
Tiga tahun lalu, dia bekerja di sebuah hotel di Manila. Dan perkenalannya dengan pekerjaan buzzer bayaran datang dari seorang rekan yang kebetulan seperti dirinya sendiri.
“Saya masih melakukan pekerjaan ini karena sangat membantu saya secara finansial, terutama selama pandemi,” kata Sharon.
'ARSITEK'
Troll berbayar ada di bagian bawah pohon uang. Cabanes memperkirakan bahwa sebagian besar uang — sekitar 75 hingga 80 persen — tetap berada di kantong “arsitek kepala disinformasi jaringan”.
Dalang ini diidentifikasi dalam laporan 2018 berjudul "Arsitek Disinformasi Jaringan: Di Balik Layar Akun Troll Dan Produksi Berita Palsu Di Filipina", yang ia tulis bersama.
“Mereka kebanyakan orang iklan dan PR. Dan beberapa dari mereka (adalah)... mantan jurnalis,” kata Cabanes.
Melalui koneksi di media lokal, Undercover Asia melacak seorang kepala arsitek, "Rosa", yang setuju untuk berbicara melalui telepon dengan syarat anonim.
“Biasanya, di industri kami, (dan) khusus untuk tim kami, kami tidak perlu mendekati politisi tertentu,” katanya. “Itu sebaliknya. Mereka membutuhkan kita lebih dari kita membutuhkan mereka.”
Dia mengatakan dia menjalankan agen hubungan masyarakat independen dan telah dipekerjakan oleh dua kandidat dalam pemilihan presiden.
“Kami melaksanakan kampanye nasional, biasanya paralel dengan operasi resmi mereka,” katanya. “Kami melengkapi ini dan memperkuat ini di media sosial.
“Mungkin itu bisa melibatkan peningkatan pengikut (dan) konten buatan. Kami juga dapat membuat laman untuk mendukung orang atau grup.”
Klien politiknya lebih suka membayar tunai, menggunakan mata uang lokal, katanya.
“Keterlibatan kecil di media sosial” untuk “klien lokal dari kota utama” dapat berkisar antara 300.000 peso (Rp78 juta) hingga 500.000 peso (Rp135 juta) per bulan, sementara operasi “moderat” untuk “klien nasional” dapat berkisar antara 800.000 (Rp208 juta) hingga satu juta peso (Rp260 juta) per bulan.
Ditanya apakah klien politiknya sadar bahwa dia mempekerjakan orang untuk menyebarkan disinformasi untuk membantu mereka, dia menjawab: "Persis mengapa mereka mempekerjakan kami."
Ini adalah bisnis internasional yang berkembang, katanya. “Ada peternakan troll... di Cina, di Rusia, di Kroasia, di Amerika Serikat dan Filipina.
“Setiap negara memiliki bagian kibor (buzzer bayaran) sendiri. Penolakan seperti itu akan menjadi kebohongan.”
PENGARUH
Disinformasi diperkuat oleh influencer digital yang dipersenjatai dengan keahlian unik. “Peran mereka adalah menerjemahkan... strategi konseptual ini menjadi postingan aktual, meme aktual, komentar yang akan menjadi viral. Jadi itulah keahlian mereka,” kata Cabanes.
Ambil contoh, “Brandon”, yang pernah bekerja di industri hiburan televisi, di mana ia mengasah keterampilannya dalam produksi konten.
Dia mengatakan dia disewa untuk membuat video untuk meningkatkan popularitas anggota kongres di kalangan pemilih dan merusak kredibilitas kandidat saingannya.
“Tidak masalah bagi saya bahkan jika saya disebut troll online, selama saya dibayar,” kata influencer paruh waktu berusia 30-an itu. Majikan tempat dia bekerja penuh waktu, bagaimana pun, tidak menyadari apa yang dia lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Brandon dulu memproduksi "konten perjalanan dan inspirasional" di laman Facebook yang ia buat bersama seorang teman pada tahun 2019. Dengan 98.000 pengikut Facebook dan 2.000 lebih pengikut YouTube, mereka menghasilkan uang dari konten non-politik mereka, katanya.
Tetapi mereka menyadari bahwa mereka dapat memperoleh lebih banyak dengan membuat dan berbagi disinformasi.
Sekitar 80 persen pemirsa mereka adalah orang Filipina berusia sekitar 29 tahun ke atas, pria dan wanita, sehingga laman media sosial menjadi media bagi politisi yang menargetkan pemirsa lokal.
"Apa yang saya lakukan salah... Tetapi selama pandemi ini, ketika semua orang membutuhkan, saya memilih untuk menghidupi keluarga saya karena mengetahui bahwa saya bukan satu-satunya yang melakukan ini," kata Brandon, tulang punggung keluarga.
“Banyak orang yang melakukan ini. Terlalu banyak."
Dia mengatakan dia tahu vloggers dan YouTuber yang "mendukung kandidat mereka masing-masing" dengan menyediakan konten "hanya untuk uang" selama musim pemilu. “Banyak politisi memang menggunakan (mereka),” tambahnya.
MANTAN KARYAWAN FACEBOOK
Namun, perilaku tidak beraturan di media sosial tidak luput dari perhatian. Misalnya, saluran YouTube bernama Showbiz Fanaticz membangun pengikut berdasarkan konten selebriti, tetapi kemudian beralih ke video yang berfokus terutama pada politik.
“Kami telah melihat bahwa pada dasarnya digunakan untuk memancing audiens... dan menumbuhkan jangkauan saluran YouTube, laman Facebook, dan sebagainya,” kata Gemma Mendoza, salah satu pelopor platform berita Rappler, di mana dia mempelopori upaya untuk mengatasi disinformasi digital.
Penelitian Rappler telah membuatnya menyimpulkan bahwa politisi membeli dan membajak laman media sosial ini untuk tujuan mendorong disinformasi.
Salah satu cara untuk membedakan manipulasi semacam itu di Facebook, misalnya, adalah dengan mengklik tab transparansi laman untuk melihat apakah sebuah grup telah mengubah namanya, sarannya.
Grup semacam itu termasuk di antara jaringan lebih dari 400 akun Facebook, laman, dan grup yang diturunkan oleh perusahaan induk Meta Platforms 33 hari sebelum hari pemungutan suara untuk mengatasi disinformasi.
Seorang mantan karyawan yang berbasis di Manila, yang tidak ingin identitasnya terungkap, mengatakan bahwa akun Facebook harus asli dan yang dilaporkan mencurigakan akan ditinjau.
Bagian dari tugasnya adalah memantau dan mengidentifikasi akun-akun ini, dan "Andy" mengutip beberapa protokol untuk memerangi troll. Misalnya, proses otentikasi memerlukan nomor telepon dan alamat email seseorang untuk ditautkan ke akun Facebook seseorang.
Dan untuk melawan troll yang membeli banyak kartu SIM dan mendaftarkan beberapa akun menggunakan nomor telepon yang berbeda, pengguna Facebook diidentifikasi dengan alamat Protokol Internet (IP) mereka untuk melacak di mana akun tersebut dibuat.
Jika alamat IP sama tetapi ada nomor kontak baru, akun itu akan dinonaktifkan, kata Andy.
Bahkan tanpa filter sistem, dia dapat melihat troll dan akun yang tidak autentik, tambahnya. Mereka tidak menggunakan gambar mereka sendiri, misalnya, dan tidak ada aktivitas akun selain komentar.
Di laman Facebook resmi kandidat presiden Leni Robredo, Andy menunjukkan seorang komentator yang "hanya (memiliki) 14 teman".
Namun, perusahaan teknologi berjuang untuk mengimbangi jaringan disinformasi yang menjadi lebih terampil dalam menutupi jejak mereka.
“Yang dicari (platform media sosial) adalah perilaku tidak autentik yang terkoordinasi. Tapi... tidak terkoordinasi karena (jaringan disinformasi) mendistribusikan pekerjaan ke orang yang berbeda yang belum tentu tahu bahwa mereka sedang mengerjakan proyek yang sama,” kata Cabanes.
“Taktik disinformasi semacam inilah yang dipikirkan dengan baik yang sering menghindari peraturan... dan itu benar-benar menjadi perhatian besar.”
HUKUM (ATAU CELAHNYA)
Ada troll bayaran di Filipina pada awal 2016. Setahun setelah pemilihannya, Presiden Rodrigo Duterte saat itu mengaku mempekerjakan troll selama periode kampanye 2016.
Mercy Corps mencatat penggunaan Facebook, misalnya, untuk memperkuat narasi positif tentang kampanyenya dan untuk membungkam kritik.
Bahkan dengan aktivitas troll berbayar menjadi lebih luas sejak saat itu, Komisi Pemilihan Umum belum mengambil tindakan hukum “karena tidak ada undang-undang yang menghukum trolling di Filipina”, kata James Jimenez, direktur pendidikan dan informasi saat ini.
"Selain itu,... tidak ada cara mudah untuk mengidentifikasi troll ini," katanya. “Satu orang dapat memiliki sebanyak 10 akun terpisah, dengan 10 identitas yang terbentuk sepenuhnya. Dan itu akan sangat sulit bagi polisi.”
Kandidat harus menyatakan pengeluaran kampanye mereka, tetapi ini belum terbukti efektif dalam mengungkap perekrutan troll berbayar.
“Kami membayangkan penggunaan uang untuk disinformasi akan secara drastis kurang dilaporkan, jika dilaporkan sama sekali,” kata Jimenez. “Sementara, secara teknis, hanya ada sedikit undang-undang yang menghukumnya, semua orang tahu itu buruk. Dan tidak ada yang akan mengatasinya. ”
Dia percaya pemerintah harus "meningkatkan undang-undang baru". Dia menambahkan: “Penegakan hukum harus mengikuti teknologi baru juga... terutama karena penegakan memiliki komponen yang sangat teknis.”
PEMBURU TROLL
Namun, untuk saat ini, jurnalis investigasi di negara itu yang berburu troll.
“Kami memperhatikan pada awal November tahun lalu bahwa sepertinya ada sesuatu yang salah dengan beberapa tagar yang sedang tren sehubungan dengan (Ferdinand ‘Bongbong’) Marcos (Junior),” kata Don Kevin Hapal, yang memimpin tim forensik digital Rappler.
"Tagar yang (yang) secara khusus mempromosikan Marcos Jr dan menyerang kritik... sebagian besar dibuat sekitar Oktober, sekitar waktu yang sama, yang sangat mencurigakan."
Kelompok jurnalis lain, yang mendirikan organisasi berita nirlaba Vera Files, juga telah memantau kampanye disinformasi sejak tahun lalu. Mereka menemukan bahwa Marcos Jr “diuntungkan paling banyak dari disinformasi (terkait pemilu)”, kata kepala tim verifikasi online Vera Files Celine Samson.
"Dia mendapat banyak manfaat dari disinformasi tentang prestasi ayahnya atau... bahwa semua kasus kekayaan haram terhadap keluarga Marcos telah dihentikan."
Vera Files juga memperhatikan bahwa Robredo menjadi “target terbesar disinformasi” selama berbulan-bulan kampanye. "Banyak kutipan palsu... dikaitkan dengan Robredo, dibuat agar terlihat seperti dia tidak kompeten atau dia membuat pernyataan yang tidak masuk akal," kutip Samson.
Di saluran YouTube Showbiz Fanaticz, ada video yang menuduh Robredo berada di balik petisi untuk mencegah Marcos Jr mencalonkan diri, serta video yang mengklaim bahwa peretas berencana melakukan kecurangan pemilu terhadapnya.
Untuk membantu memerangi disinformasi semacam itu, Tsek.ph, pelopor berusia tiga tahun dalam pengecekan fakta — sebuah inisiatif dari 34 mitra dari akademisi, media, dan organisasi masyarakat sipil — dihidupkan kembali pada bulan Januari untuk pemilihan tahun ini.
Ada “banyak disinformasi... untuk membuat kandidat terlihat seperti didiskualifikasi” atau bahwa ada “kecurangan besar-besaran yang terjadi”, kata koordinator Tsek.ph Rachel Khan.
Untuk memberikan informasi terverifikasi dan terkini kepada publik, grup tersebut mengunggah konten yang diperiksa fakta di situs webnya. Anggota masyarakat yang mendeteksi adanya disinformasi juga dapat menginformasikan kelompok tersebut untuk diperiksa faktanya.
BIAYA
Namun, perang melawan troll bayaran harus dibayar mahal, bagi jurnalis seperti Hapal.
“Setiap kali kami mempublikasikan cerita yang mengekspos disinformasi... jaringan itu akan melawan,” katanya, mengutip pesan yang dia terima dari orang asing yang “mengolok-olok foto saya (atau) menyebut saya jurnalis bayaran atau... komentar menghina lainnya”.
Jaringan disinformasi telah mengoordinasikan serangan mereka selama lebih dari setahun sebelum pemilihan, menurut Khan. “Ini lebih merupakan upaya jangka panjang untuk menyesatkan orang.”
Sementara tuduhan disinformasi merusak kampanye pemilu, tidak ada data yang membuktikan bahwa kebohongan mempengaruhi hasil pemilihan presiden secara langsung.
Pada 25 Mei, Kongres Filipina mendeklarasikan Marcos Jr sebagai pemenang dengan 31,6 juta suara, atau hampir 59 persen dari total suara. Itu lebih dari dua kali lipat jumlah suara untuk saingan terdekatnya, Robredo.
Kubunya menolak permintaan wawancara dengan Undercover Asia. Dia, bagaimanapun, secara terbuka membantah menggunakan troll dalam kampanyenya.
Dalam sebuah acara pasca-kemenangan, ia membuat pengakuan bersalah palsu seperti yang terlihat dalam video YouTube. Tapi belum ada bukti lain bahwa dia telah menyewa buzzer bayaran.
Apa yang tetap jelas bagi Mendoza Rappler adalah bahwa tidak peduli politisi mana, disinformasi online mengancam demokrasi dan melemahkan kepercayaan pada lembaga publik.
“Demokrasi tumbuh subur di ruang di mana, pertama-tama, Anda harus menyetujui fakta dan kemudian Anda berdebat... Dan perlu ada, pada titik tertentu, konsensus,” katanya.
“Saat ini, yang terjadi adalah orang-orang didorong ke dalam kubu-kubu di ruang gema, jadi tidak ada ruang untuk debat (dan) konsensus. Semuanya menjadi 'Saya benar, dan Anda salah'... Itu tidak kondusif untuk demokrasi.”