Direktur CNN Academy tentang simulasi berita terbaru dan masa depan jurnalisme
Awal bulan ini, CNN menambahkan simulasi ke program pelatihan akademi untuk pertama kalinya. Diadakan selama lima hari, simulasi tersebut melibatkan 88 mahasiswa dari berbagai program akademi jaringan berpartisipasi untuk menyempurnakan dan menggunakan keterampilan mereka di twofour54 Yas Creative Hub di Abu Dhabi.
Arab News berbicara dengan direktur CNN Academy Alireza Hajjihosseini untuk mempelajari lebih lanjut tentang inisiatif ini dan bagaimana ini dan program CNN Academy lainnya dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa untuk jurnalisme di lingkungan yang didorong oleh teknologi.
“Di CNN Academy, kami selalu memikirkan cara baru untuk memungkinkan mahasiswa kami menerapkan keterampilan jurnalisme yang kami berdayakan dalam kehidupan nyata,” kata Hajjihosseini.
Di masa lalu, akademi telah mengirimkan siswa dengan jurnalis foto CNN untuk memotret dan mengedit sebuah cerita atau mengizinkan beberapa orang terpilih untuk membayangi tim CNN saat mereka membuat siaran berita bersama.
“Tahun ini, kami ingin mengambil pengalaman itu satu langkah lebih jauh dan memanfaatkan warisan inovasi CNN untuk menciptakan peluang industri pertama yang memungkinkan setiap peserta program kami menyempurnakan dan menguji keterampilan mereka sebagai jurnalis dan pencerita,” katanya.
Selama lima hari, peserta bekerja dalam tim untuk mengeksplorasi skenario fiksi yang memungkinkan mereka berperan sebagai reporter, penulis berita, dan produser konten.
Mereka diminta untuk memverifikasi sumber, menghadiri konferensi pers tiruan, melakukan wawancara tiruan, menanggapi pembaruan email, dan menguraikan dokumen.
Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat merancang simulasi fiktif untuk memastikan bahwa skenario "cukup kaya dan cukup kompleks untuk memberi peserta berbagai sudut pandang alternatif yang dapat mereka kejar," kata Hajjihosseini.
Penting juga bahwa konferensi pers tiruan, wawancara, dan lain-lain saling terkait untuk mengisi cerita yang berkembang.
“Yang terpenting, kami harus menciptakan kembali tekanan dari lingkungan berita terkini sambil membangun tantangan etis dan bercerita dengan narasi untuk mencapai tujuan pedagogis kami,” katanya.
Untuk memastikan hal ini, jurnalis CNN bermitra dengan Prof. Rex Brynen, dari McGill University di Montreal, Kanada, dan Jim Wallman, direktur perusahaan desain game Stone Paper Scissors.
Keduanya merupakan "pemimpin pemikiran di bidangnya dan telah bekerja dengan organisasi global dan pemerintah di seluruh dunia untuk merancang dan memberikan simulasi yang membantu pemain memetakan strategi dan merasakan dampak nyata dari pengambilan keputusan mereka," kata Hajjihosseini.
Tapi baginya, ada juga alasan pribadi, pernah belajar di Universitas McGill di mana dia mengambil beberapa mata kuliah Brynen. Dia ingat satu khususnya, simulasi pembangunan perdamaian, yang merupakan salah satu “pengalaman belajar yang paling berkesan dan intens” dalam karir akademiknya.
“Jadi, ketika kami mulai berpikir tentang merancang simulasi jurnalisme yang mengutamakan industri, saya tahu saya harus menghubungi Rex dan melihat apakah kami dapat berkolaborasi bersama, karena saya ingin menciptakan kembali pengalaman itu untuk peserta Akademi CNN,” katanya.
Program ini bertujuan untuk membantu siswa menjauh dari jurnalisme serta pengalaman hidup, tetapi juga mengembangkan soft skill yang hanya datang dengan pengalaman. Tim dengan kinerja terbaik, kata Hajjihosseini, belum tentu tim dengan anggota jurnalistik yang paling tajam, tetapi mereka “tahu cara membaca orang yang diwawancarai dan cara mereka harus bersikap di lapangan atau dalam konferensi pers untuk membuka lebih banyak informasi."
“Itu adalah keterampilan yang hanya dapat Anda ambil ketika Anda melakukan sesuatu dan tidak dapat dikembangkan hanya dengan duduk di rumah atau di ruang kuliah,” katanya.
Peserta juga harus menavigasi platform media sosial yang dibuat khusus, yang diperbarui secara keseluruhan dan menyertakan bukti, bot, umpan, dan berita.
Hajjihosseini menjelaskan: “Saat ada berita hari ini, berita itu sering muncul di media sosial dan platform seperti Twitter. Jadi, kami ingin membuat ulang platform yang meniru itu, dan yang menggabungkan konten teks dan multimedia.”
Sebelum simulasi, CNN telah membuat karakter fiksi di platform media sosialnya, dengan cerita latar dan rangkaian postingan yang telah ditentukan sebelumnya. Beberapa di antaranya membantu skenario keseluruhan dan beberapa lainnya hanya kebisingan.
Platform ini juga menampilkan akun untuk pemain peran yang ditemui para peserta dalam kehidupan nyata serta akun troll yang dirancang untuk membanjiri ruang dengan kebisingan dalam pengaturan berita terkini.
“Selama lima hari, (platform) media sosial diperbarui dengan postingan yang telah ditulis sebelumnya serta postingan yang kami tulis dan konten yang kami hasilkan untuk memberi makan skenario saat dikembangkan,” katanya.
Dimasukkannya platform media sosial khusus sangat penting pada saat media sosial menjadi sumber berita utama bagi banyak orang.
“Dalam 15 tahun terakhir telah terjadi perubahan besar dalam cara ruang redaksi beroperasi, dan media sosial telah memainkan peran sentral dalam hal itu,” kata Hajjihosseini.
Banyak yang telah berubah pada era ini, dari kebangkitan jurnalisme warga hingga pembentukan tim penemuan sosial, hingga analisis sumber terbuka forensik yang memainkan peran kunci dalam banyak investigasi sekarang, katanya.
Yang tidak berubah adalah kebutuhan akan akurasi, terutama ketika media sosial diliputi oleh berita bohong dan misinformasi.
Berita palsu atau menyesatkan telah menjadi “aspek yang sangat bermasalah tidak hanya di media tetapi juga masyarakat pada umumnya,” yang diperparah oleh platform media sosial yang mendorong penyebaran cerita semacam itu dan menciptakan ruang gema, kata Hajjihosseini.
“Kesulitan di bidang ini bagi jurnalis dan organisasi berita tidak hanya untuk menolak narasi palsu ini, tetapi juga untuk menerobos ke orang-orang yang menerima berita mereka dari sumber yang tidak dapat dipercaya atau sengaja menyesatkan,” katanya.
“Berita palsu,” di sisi lain, digunakan oleh orang atau organisasi tertentu, terutama pemerintah dan politisi, untuk mencoba mendiskreditkan pelaporan yang benar tetapi tidak mereka sukai, kata Hajjihosseini.
“Ini sangat berbahaya dan menantang; itu merusak peran jurnalisme yang sangat penting dalam meminta pertanggungjawaban pihak yang berkuasa dan bahkan dapat menghadirkan masalah keselamatan bagi jurnalis yang melakukan pekerjaan penting secara sah, ”katanya.
Visinya untuk CNN Academy adalah untuk membantu “menanam keterampilan dan etika profesional pada lebih banyak jurnalis baru, yang semuanya kami harap pada akhirnya akan membantu mengatasi masalah ini di dunia nyata.”