close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Sebuah billboard menggambarkan John Lennon dan Yoko Ono mempromosikan Apple Computers 1 Agustus 1998. Foto Getty Images
icon caption
Sebuah billboard menggambarkan John Lennon dan Yoko Ono mempromosikan Apple Computers 1 Agustus 1998. Foto Getty Images
Media
Rabu, 28 September 2022 20:35

Mengarahkan melalui bercerita: Studi kasus dalam hubungan masyarakat

Di usianya yang baru 29 tahun, Foo telah menempuh perjalanan jauh.
swipe

Pada tahun 2021, Lego meluncurkan kampanye Rebuild the World Public Relations. Menghormati kesamaan atas perbedaan, kemampuan untuk berkolaborasi dalam persaingan, dan berharap tentang bagaimana menyusun ulang pasca-pandemi, pembuat Lego mempersempit audiens mereka, dan merek mereka, dan menyatakan pesan baru mereka, mari membangun kembali dunia, bata demi bata.

Komponen penting dari 90 tahun Lego sebagai pemimpin pasar adalah citranya, dan kemampuannya untuk menyampaikan pesannya dengan jelas kepada audiens yang dituju. Dengan itu, anak-anak (dan banyak orang dewasa) di seluruh dunia merasa dahaga untuk memenuhi kreativitas mereka dengan merek Lego. Tanpa itu, Lego tidak akan pernah lebih dari sebuah perusahaan yang menjual batu bata plastik yang mahal.

Itulah kekuatan hubungan masyarakat, menciptakan hubungan positif yang disengaja dengan konsumen.

Selama dua tahun mulai tahun 2011, asosiasi perdagangan terbesar di industri ini meminta publik untuk mendefinisikan PR (humas). Getaran suara berikut keluar teratas:

"Humas adalah proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara organisasi dan publiknya."

Dalam lanskap favoritisme jurnalistik, disinformasi, dan “berita palsu” itulah profesional PR saat ini beroperasi, terus berupaya untuk mencapai keseimbangan antara integritas dan kemanfaatan. Di antara generasi baru profesional PR ini, yang sebagian besar tumbuh secara online dan di depan layar laptop dan perangkat, adalah James Foo Torres (lebih dikenal sebagai Foo), pendiri dan CEO Imperium Authority.

“Sama seperti biro iklan telah berevolusi dari media cetak dan siaran ke pemasaran digital, fungsi hubungan masyarakat telah berkembang untuk mencakup segala hal mulai dari mengomunikasikan narasi perusahaan sampai jurnalis hingga mengubah CEO dan eksekutif menjadi pemimpin pemikiran industri,” kata Foo.

Berbasis di Portland, Oregon, dan melayani klien di berbagai industri secara nasional, Imperium Authority adalah lambang "agen butik". Ini beroperasi sebagai bisnis yang sepenuhnya virtual, dikelola dengan manajer akun berpengalaman, jurnalis, dan materi iklan yang bekerja dari kantor pusat di tiga negara bagian. Memahami fungsi optimal profesional humas dalam ekosistem informasi baru yang rumit telah menjadi obsesi Foo sejak memasuki industri ini lebih dari dua tahun lalu.

Dalam menjelaskan proses membawa kliennya dari ketidakjelasan komparatif ke relevansi peringkat tinggi di jejaring sosial dan dominasi halaman satu Google, Foo menjelaskan mengapa dia menganjurkan bahwa siapa pun yang ingin meningkatkan merek dan profil mereka memanfaatkan kekuatan hubungan masyarakat. Semuanya dimulai dengan konten hebat yang dirancang untuk menjadi berita yang menarik bagi editor dan reporter.

“Kami menggunakan PR sebagai strategi pemasaran utama kami untuk mendapatkan kepercayaan secepat mungkin,” katanya. “Begitu Anda mendapat perhatian media berita dan audiens target Anda dengan pesan yang kredibel dan berwibawa, orang-orang mulai mengenal, menyukai, dan mempercayai Anda. Pada akhirnya itu mendorong prospek untuk mencari Anda dan mengubah minat menjadi penjualan, tetapi dengan cara yang tidak menjual.”

Di usianya yang baru 29 tahun, Foo telah menempuh perjalanan jauh. Lahir di Puerto Rico, ia tumbuh dengan bertanya-tanya dunia apa yang ada di luar pulau tempatnya bermukim. Dia menyadari meninggalkan akan sulit tetapi ada harga yang diperlukan untuk mewujudkan impian Amerika.

“Saya tahu saya ingin memulai bisnis saya sendiri, tetapi saya tidak tahu harus mulai dari mana,” katanya. “Ini adalah masalah menemukan kendaraan yang tepat yang sesuai dengan gaya hidup saya dan akan membantu saya mempengaruhi sebanyak mungkin orang”.

Foo memulai perjalanannya di Angkatan Udara Amerika Serikat yang memungkinkannya bepergian sambil mempelajari keterampilan yang dapat dipasarkan, yang menghasilkan penghasilan rekanan di bidang Teknologi Sistem Elektronik. Setelah bertugas selama empat tahun, ia mengambil pekerjaan teknis dengan Intel, yang membawanya ke Portland, Oregon. Mengetahui bahwa kehidupan korporat tidak akan menahan ambisinya, ia secara impulsif mendaftar dalam kursus pemasaran digital online. “Sekarang saatnya untuk berinvestasi pada diri saya sendiri,” pikirnya.

“Saat itulah saya mulai belajar tentang SEO, generasi memimpin, dan hubungan masyarakat,” kenangnya. “Tetapi PR-lah yang paling menonjol karena menghasilkan jumlah tanggapan terbesar. Hal ini juga sesuai dengan keinginan saya sendiri untuk menjadi seorang pengusaha terkemuka. Ide saya adalah menciptakan jalan kebebasan dan dampak bagi diri saya sendiri, dan kemudian dapat menjual atau mengajarkannya kepada orang lain.”

Setelah mendapatkan klien pertamanya pada akhir tahun 2020, Foo mulai mengeksplorasi tanggung jawab humas dalam melayani kepentingan publik. Dia ingat misi ini mengambil urgensi baru ketika dunia jatuh ke dalam pandemi global. Dengan diberlakukannya jarak sosial dan perintah tinggal di rumah, Foo mengatakan dia merasa tatanan masyarakat mulai berantakan. Pada saat yang sama, kerusuhan sipil setelah kematian George Floyd, meletus di Portland, mengakibatkan kerusuhan malam dan pembakaran gedung-gedung.

"Berita itu menjadi sangat kelam dan menyedihkan, saya pikir banyak orang yang mencabutnya dan ingin mendengar pesan yang positif dan meyakinkan," katanya. “Semua ini memperkuat keyakinan saya bahwa PR tidak selalu tentang penjualan, ini tentang bercerita.”

Sekitar waktu ini, ia memiliki kesempatan bertemu dengan pemilik bisnis berpengaruh di LinkedIn. Terlibat dengan Jason Miller, pendiri Strategic Advisor Board (SAB), sebuah perusahaan konsultan, Foo merasakan keakraban langsung.

“Jason selalu memberi tahu saya untuk fokus memberikan nilai terlebih dahulu,” kata Foo. “Hubungan perlu win-win solution untuk bekerja dan itu membutuhkan menemukan proposisi nilai bagi kedua belah pihak yang masuk akal. Uang dan kesuksesan mengikuti, tetapi nilai harus didahulukan.”

Selama setahun terakhir, Miller telah menjadi mentor dan Foo telah mengambil beberapa eksekutif SAB sebagai klien. Chemistry antara Imperium Authority dan SAB sangat kuat, katanya, karena sebagian besar tim 'Power of 10' SAB juga berada di industri komunikasi pemasaran.

“Dengan kepemimpinan Jason dan pertumbuhan agensi saya, tanggung jawab saya sebagai profesional hubungan masyarakat telah menjadi cahaya penuntun pekerjaan saya dan bagaimana saya menjalani hidup saya. Untuk setiap keterlibatan klien baru, saya membuat program yang menceritakan kisah mereka. Ini lebih dari sekadar pemasaran, ini tentang menjadi dapat diandalkan, dapat dihubungkan, memperjelas bahwa bisnis dan para pemimpinnya dapat dipercaya.”

Dalam menjelaskan kredo yang memandu kampanye Foo dan timnya untuk kliennya, ia menekankan bahwa prinsip-prinsip pendekatannya dapat diadopsi oleh siapa saja.

Berikut tips humas bercerita ala Foo:

Jadilah asli.
Orang-orang akan memilih untuk mengikuti Anda di media sosial dan mendukung bisnis Anda jika mereka tahu, menyukai, dan mempercayai Anda. Cara terbaik untuk menarik orang seperti Anda adalah dengan tulus dan keterkaitan.

Ceritakan kisah Anda.
Audiens Anda ingin belajar dan berhubungan, jadi dasarkan interaksi Anda dengan mereka pada kebutuhan tersebut. Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki percakapan yang jauh lebih menyenangkan ketika Anda memberikan informasi yang berguna dan tidak mencoba untuk menjualnya. Pimpinlah dengan nilai.

Ketahui tujuan Anda.
Pelanggan membeli identitas Anda terlebih dahulu, dan Anda sebagai pribadi. Sebelum mereka memutuskan untuk menggunakan produk atau layanan Anda, mereka perlu terhubung dengan Anda sebagai pribadi. Jika mereka menyukai Anda, kemungkinan besar mereka akan menyukai tujuan merek Anda. Mereka akan merasa bahwa Anda adalah pilihan yang tepat untuk mereka. Ada banyak orang yang mengatakan dan melakukan hal yang sama saat ini. Membuat koneksi pribadi itu membantu Anda menonjol.

Sebelum yang lainnya, perbaiki citra dan pesan Anda.
Merek perusahaan Anda adalah salah satu hal pertama yang diperhatikan orang. Citra bisnis Anda menawarkan wawasan kepada konsumen tentang pesan Anda, dan dalam beberapa kasus, itu bahkan bisa menjadi nama rumah tangga. Melakukannya dengan benar sangat penting. Setelah Anda memutuskan merek Anda, gabungkan dengan kampanye PR yang sukses untuk memproyeksikan dan melindungi citra dan reputasi merek Anda.

“Lembaga humas mirip dengan praktik hukum, hanya praktisi PR yang mengajukan kasus untuk klien mereka di pengadilan opini publik, bukan di pengadilan,” katanya. “Manusia adalah pendongeng alami. Sudah menjadi sifat kita untuk mengarang cerita, untuk menafsirkan semua yang kita rasakan.(forbes.com)

img
Arpan Rachman
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan