close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Mr Seth Lui menyiapkan publikasi online pada tahun 2013. FOTO: SETHLUI/X
icon caption
Mr Seth Lui menyiapkan publikasi online pada tahun 2013. FOTO: SETHLUI/X
Media
Sabtu, 07 Oktober 2023 07:54

Ribut-ribut restoran dan blogger kuliner ala Singapura

Bloger tersebut membantah tidak transparan dalam ulasannya.
swipe

Ribut-ribut soal reviewer kuliner dan restoran juga terjadi di Singapura. Tetapi bedanya, yang jadi masalah bukan review negatifnya, melainkan pihak restoran mengungkap 'dapur' kerja reviewer itu.

Reviewer disebut mencoba menarik bayaran agar sebuah restoran bisa diulas dan diberi peringkat sebagai tempat yang direkomendasi. Yang menjadi masalah hal itu disebut dilakukan tidak transparan.

Klaim tersebut dibuat oleh Charlene Yan, 34, yang memiliki sebuah restoran di Everton Park di daerah Tanjong Pagar.

Seth Lui, yang menjalankan situs blog populer yang menampilkan ulasan makanan, adalah reviewer yang dimaksud. Namun, ia membantah tuduhan bahwa portal tersebut tidak menjelaskan dengan gamblang bahwa mereka menerima pembayaran untuk ulasan restoran.

Dia menambahkan bahwa semua artikel yang disponsori oleh pengiklan dilengkapi dengan catatan yang menjelaskan bahwa itu adalah ulasan berbayar.

Juru bicara Lui mengatakan bahwa blogger tersebut mengetahui postingan yang beredar secara online yang menuduh blog makanan tersebut menampilkan restoran-restoran lokal dalam ulasannya sebagai imbalan atas pembayaran.

“Tuduhan itu benar-benar salah,” tambahnya.

Lui, 38, sendiri sudah menjalankan aktivitasnya sebagai blogger makanan sejak tahun 2013.

Cerita versi Ms Yan

Ms Yan, dalam sebuah posting Facebook pada hari Rabu, mengatakan dia terkejut menerima email dari salah satu karyawan Mr Lui yang menanyakan apakah dia bersedia membayar untuk tempat di daftar tempat makan terbaik di Everton Park.

Dalam email – tangkapan layar yang disertakan dengan postingan tersebut – karyawan tersebut menyebut tawaran tersebut sebagai “upaya periklanan”, dan mengatakan bahwa restorannya akan ditempatkan secara acak dalam daftar dengan harga S$2.300.

Dia juga diberi pilihan untuk ditempatkan di tempat pertama, kedua atau ketiga dengan tambahan S$400 hingga S$600. Restorannya akan tetap berada di posisi yang dipilih dalam daftar setidaknya selama satu tahun, tambah karyawan tersebut.

Jika ia menerima tawaran tersebut, restorannya akan mendapat review sekitar 150 hingga 200 kata, disertai maksimal dua foto, dan dipromosikan di media sosial. Dia juga dapat melihat dua draf artikel dan menyarankan revisi, tambah karyawan tersebut.

Email tersebut memberikan contoh daftar serupa yang pernah dilakukan blogger tersebut di masa lalu, termasuk panduan makanan Kota Northpoint milik Lui, yang telah ditonton lebih dari 57.000 kali.

Dalam postingannya, Yan mengatakan tawaran uang tunai untuk ulasan tersebut “tidak dapat dipercaya”, dan mempertanyakan keaslian ulasan Lui. Dia menambahkan bahwa dia tidak menghubungi Lui sebelum dia mendapat tawaran tersebut.

Berbicara kepada The Straits Times, Ms Yan berkata: “Saya terkejut ketika Sethlui.com akan menulis artikel definitif baru yang mengatakan apa yang enak untuk dimakan di lingkungan saya tanpa benar-benar mencoba makanan tersebut.

“Keluhan saya adalah mereka akan menulis artikel yang kriteria utamanya adalah uang, dan tanpa pengungkapan penuh. Dan masih banyak artikel lain yang melakukan hal yang sama untuk restoran-restoran di lingkungan lain.”

Dia menambahkan: “Saya tidak ingin mengabaikan email ini karena saya merasa orang-orang berhak mengetahui dan lebih sadar akan apa yang mereka baca. Ini juga saatnya bagi blogger untuk memiliki standar integritas yang lebih tinggi.”

Menanggapi pertanyaan, juru bicara Lui mengatakan dia meminta maaf atas kebingungan dan frustrasi yang disebabkan oleh postingan tersebut. Ia menambahkan, dirinya dan timnya berkomitmen untuk bersikap transparan.

Menanggapi klaim bahwa ia menerima pembayaran dari restoran-restoran untuk ditampilkan, juru bicara tersebut mengatakan bahwa Lui menghubungi klien dengan tawaran untuk ditampilkan di blognya hanya setelah penelitian ekstensif oleh timnya.

Dia berkata: “Kesalahpahaman dari postingan tersebut adalah kami memilih restoran secara acak dan mengirimkan proposal kepada mereka. Itu jelas-jelas salah.”

Kolaborasi berbayar dimulai dengan menjelajahi platform media sosial dan peringkat restoran Google untuk menemukan tempat-tempat baru dan sedang tren, katanya.

Tim Mr Lui kemudian akan memutuskan apakah sebuah restoran layak untuk direkomendasikan kepada pembaca. Saat itulah tim akan menghubungi restoran tersebut untuk melihat apakah ada potensi ikatan penjualan.

Juru bicara tersebut berkata: “Dalam kolaborasi klien, satu atau lebih anggota tim akan mengunjungi mereka, memahami lebih banyak tentang cerita mereka, mencoba makanannya, dan kemudian menulis tentangnya.

“Jika kualitas makanannya jauh di bawah rata-rata, kami akan tetap membatalkan klien agar tidak menyesatkan pembaca kami.”

Namun, jika klien menolak kolaborasi, tim Tuan Lui akan memutuskan apakah restoran tersebut tetap akan ditampilkan.

Ketika ditanya mengapa Lui akan mengenakan biaya pada restoran tersebut, terutama jika restoran tersebut kemungkinan akan tetap ditampilkan, juru bicara tersebut mengatakan bahwa kolaborasi berbayar memberikan lebih banyak manfaat.

Ms Yan mengatakan iklan berbayar harus selalu ditandai sebagai “disponsori” demi kepentingan transparansi. Namun, dalam contoh daftar yang ditunjukkan kepadanya, tidak disebutkan tentang sponsorship.

Juru bicara Mr Lui mengklarifikasi bahwa daftar tersebut tidak menampilkan sponsor apa pun. Jika tidak, “penafian untuk konten bermerek atau bersponsor” selalu ditempatkan dengan jelas di akhir artikel.(straitstimes)

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan