close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Kereta Cepat Jakarta-Bandung kini memiliki identitas jenama merek “Whoosh”. Foto BPMI Setpres.
icon caption
Kereta Cepat Jakarta-Bandung kini memiliki identitas jenama merek “Whoosh”. Foto BPMI Setpres.
Nasional
Jumat, 22 September 2023 13:10

Kereta cepat dinamai Whoosh, ini filosofinya

Kereta Cepat Jakarta-Bandung kini memiliki identitas jenama merek “Whoosh”.
swipe

Kereta Cepat Jakarta-Bandung kini memiliki identitas jenama merek “Whoosh”. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penamaan ini merupakan hasil dari sayembara terbatas pembuatan desain identitas yang dilakukan oleh tim penilai.

Adapun tim penilai diketuai oleh Triawan Munaf, yang sudah melakukan penilaian sejak Juli 2023 lalu. Sedangkan yang menjadi tim pengarah sayembara ini yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Miik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Atas arahan Bapak Presiden Joko Widodo, kami perlu memberikan identitas jenama atau identitas merek atau branding, yang mencerminkan nilai-nilai dari Kereta Api Cepat," ujar Budi, dikutip Jumat (22/9). 

Filosofi "Whoosh" berasal dari suara lesatan kereta cepat yang awam diucapkan, baik oleh masyarakat Indonesia maupun internasional. Nama tersebut juga sesuai dengan penggambaran kereta cepat yang saat ini menjadi yang tercepat di Asia Tenggara. Selain itu "Whoosh" juga merupakan singkatan dari 'Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal' yang menjadi identitas kereta cepat.

Sayembara ini diikuti 10 agensi terpilih yang diklaim telah memiliki pengalaman. “Dari 10 kandidat, akhirnya didapat tiga finalis karya terbaik yang nantinya akan kembali dinilai untuk dipilih satu karya yang paling terbaik,”t utur Budi.

Budi yakin penamaaan ini makin meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap kereta cepat, yang akan membawa peradaban baru dan menjadikan Indonesia semakin diperhitungkan dunia. 

Sementara itu, Ketua Tim Panel Sayembara Desain Identitas Jenama Kereta Api Cepat Indonesia Triawan Munaf mengungkapkan, pemberian jenama atau branding sudah menjadi kebutuhan dalam setiap program atau produk yang diluncurkan baik oleh pemerintah maupun nonpemerintah. Beberapa contohnya yaitu pembuatan desain logo pada peringatan HUT Kemerdekaan RI, perhelatan Asian Games, dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Sekarang kita memiliki kereta cepat yang perlu diberikan jenama yang sesuai, agar semakin populer dan disukai masyarakat. Dan sekarang kita semua sudah memiliki sebutan untuk kereta cepat, bukan lagi naik KCIC atau KCJB, tapi naik Whoosh," ujar Triawan.

Tiga desain jenama terbaik yaitu berasal dari agensi Visious Studio, Ou Creative, dan Feat. Untuk dapat melihat karya-karya dari para desainer jenama kereta cepat, masyarakat dapat mengaksesnya di situs kcic.co.id/jenamakeretaapicepat/.

Sejumlah pihak yang terlibat dalam sayembara ini yaitu Kemensetneg, Kemenkomareves, Kemenhub, dan Kementerian BUMN, KCIC, KAI, Telkomsel, In Journey, Asosiasi Desainer Grafis Indonesia, dan Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia.

img
Satriani Ari Wulan
Reporter
img
Satriani Ari Wulan
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan