close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Vaksinasi polio di Gaza. Foto: AA
icon caption
Vaksinasi polio di Gaza. Foto: AA
Peristiwa
Jumat, 06 September 2024 17:22

UNRWA telah vaksinasi polio 160.000 anak di Gaza selatan

Pada tanggal 25 Agustus, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan kedatangan gelombang pertama vaksin.
swipe

Badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) pada hari Jumat mengumumkan bahwa timnya telah memvaksinasi lebih dari 160.000 anak pada hari Kamis, hari pertama fase kedua kampanye vaksinasi polio di Gaza selatan.

"Ribuan keluarga pergi ke fasilitas kesehatan untuk menerima vaksin dari tim medis UNRWA," kata badan PBB tersebut pada X.

"Lebih dari 160.000 anak telah dijangkau pada hari pertama kampanye vaksinasi polio di wilayah selatan Gaza kemarin," tambahnya.

Badan PBB tersebut mengatakan bahwa mereka akan terus memvaksinasi "sebanyak mungkin anak" pada hari Jumat.

Meskipun serangan Israel terus berlanjut di daerah kantong Palestina yang terkepung, fase kedua kampanye vaksinasi polio di Gaza selatan dimulai pada hari Kamis, setelah vaksinasi lebih dari 189.000 anak di wilayah tengah pada putaran pertama.

Pada tanggal 25 Agustus, Kementerian Kesehatan Palestina mengumumkan kedatangan gelombang pertama vaksin yang berjumlah total 1,26 juta dosis.

Kampanye ini difokuskan di Gaza bagian tengah dari tanggal 1 hingga 4 September, diikuti oleh Khan Younis dari tanggal 5 hingga 9 September dan akan berakhir di Kota Gaza dan wilayah utara dari tanggal 9 hingga 12 September, menurut sumber resmi.

Urgensi kampanye ini ditegaskan dengan dikonfirmasinya kasus polio pertama di Gaza dalam 25 tahun pada seorang anak berusia 10 bulan bulan lalu.

Pada tanggal 16 Agustus, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan gencatan senjata kemanusiaan selama tujuh hari untuk memungkinkan vaksinasi terhadap 640.000 anak – permintaan yang didukung oleh UNRWA.

Israel telah melanjutkan serangan brutalnya di Jalur Gaza sejak serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera.

Hampir 40.900 warga Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak, telah tewas dan lebih dari 94.400 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Blokade yang terus berlanjut di daerah kantong tersebut telah menyebabkan kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, sehingga sebagian besar wilayah tersebut hancur.

Israel menghadapi tuduhan genosida atas tindakannya di Gaza di Mahkamah Internasional.(aa)

img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan