Sebuah film animasi tentang seorang anak laki-laki yang melawan iblis dengan kekuatan gaibnya telah menjadi film terlaris di Tiongkok. Film itu juga menjelma menjadi sumber kebanggaan nasional.
Ne Zha 2, yang diangkat dari karakter mitologi Tiongkok, telah meraup lebih dari 8 miliar yuan (Rp17 triliun) selama liburan Tahun Baru Imlek selama seminggu, menurut pelacak penjualan tiket Maoyan.
Film ini memecahkan rekor yang dibuat oleh The Battle of Lake Changjin tahun 2021, sebuah film propaganda tentang Perang Korea tahun 1950-an, yang meraup sekitar $900 juta.
Ne Zha 2 dipuji sebagai simbol kemajuan dalam film Tiongkok, yang telah lama tertinggal dari Hollywood meskipun memiliki pasar domestik yang besar.
Setelah sukses di dalam negeri, Ne Zha 2 akan ditayangkan di luar negeri minggu depan, termasuk di AS, Kanada, dan Australia.
Bagi penonton Tiongkok, Ne Zha 2 menunjukkan bagaimana film-film buatan lokal menjadi kompetitif secara global.
"Film ini tidak hanya menunjukkan kekuatan animasi Tiongkok yang luar biasa setelah kebangkitannya, tetapi juga menunjukkan kemungkinan tak terbatas dari mitologi Tiongkok tradisional dalam konteks modern," demikian bunyi salah satu ulasan di IMDB.
Sebagian orang berharap film ini dapat meraup $1 miliar lagi dan melampaui film terlaris sepanjang masa di dunia, Avatar tahun 2009.
"Sekarang giliran orang-orang Tiongkok di luar negeri untuk ikut berkontribusi," demikian bunyi salah satu komentar di Weibo.
Penjualan tiket film di Tiongkok melonjak selama perayaan Tahun Baru Imlek. Musim ini, film-film Tiongkok meraup $1,3 miliar selama periode liburan selama seminggu, yang menggarisbawahi peningkatan belanja konsumen yang diharapkan oleh otoritas Tiongkok.
Selain menetapkan tolok ukur box office baru di Tiongkok, Ne Zha 2 juga merupakan film pertama yang melampaui $1 miliar di satu pasar, menurut publikasi Hollywood Deadline.
Ne Zha 2 dipuji karena naskah dan efek visualnya. Patung-patung karakter film tersebut telah terjual habis saat para penggemar berbondong-bondong ke bioskop.
Film ini melanjutkan kesuksesan film Ne Zha tahun 2019, yang meraup lebih dari $725 juta dan menjadi film terlaris kelima di Tiongkok sepanjang masa.