Hasil monitoring media Datasight Indonesia menemukan dua even internasional, yakni uji coba pramusim MotoGP di sirkuit Mandalika dan Formula E di Jakarta menyita perhatian media dan warganet. MotoGP dan Formula E memberi dampak berbeda kepada kepala daerah penyelenggara.
Ajang lain, seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali atau rencana lomba Formula 1 Boat Race di Danau Toba, Sumatera Utara belum terlacak.
Datasight Indonesia melakukan monitoring pemberitaan media dan percakapan warganet pada periode 1-14 Februari 2022. Terkumpul 24.086 data pemberitaan dan percakapan.
Dari total data itu, topik MotoGP di Mandalika mendapat porsi paling besar, yakni 9.585 posting atau 38.88%. Sementara, isu Formula E di Jakarta hanya mendapat porsi 377 posting atau 1,53%
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, ketiban berkah ekspos media atas penyelenggaraan MotoGP dengan 677 porsi pemberitaan dan percakapan atau 2,75%. Walaupun, tidak sebesar porsi pemberitaan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yakni 9.170 posting atau 37,20%.
"Popularitas Anies karena berbagai isu lain dan terkesan menghindari isu Formula E," ujar Direktur Datasight Indonesia, Radhiatmoko dalam keterangannya kepada Alinea.id, Rabu (16/2).
Menurut Radhiatmoko, di antara dua tokoh gubernur itu, muncul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dengan 4.844 posting atau 19,65$%. Sandi memanfaatkan momen MotoGP dan Formula E untuk mendongkrak wisata dan kondisi aman Indonesia.
Secara khusus, sambung dia, persepsi yang muncul di balik penyelenggaraan tes pramusim MotoGP adalah tagar #EkonomiTerusTumbuh, disamping #PertaminaMotoGP dan #Mandalikatest. Uniknya, tagar #ErockThohirJugaKan sempat muncul di antara nama-nama pembalap, seperti Marc Maquez, Aleix Espargaro dan Fabio Quartararo.
"Terlihat jelas, isu MotoGP memperkuat personal branding Gubernur NTB yang berkomunikasi akrab dengan warga penonton dan para pembalap. Namun, tampaknya Zul sebagai tokoh muda PKS tidak merancang konten atau tagar khusus," katanya.
Agak berbeda dengan isu Formula E, nama Jakpro lebih menonjol sebagai pelaksana pembangunan sirkuit ketimbang Gubernur Anies Baswedan. Tagar #DaftarDosaFormulaEdan muncul, tapi tidak tertuju langsung menyerang citra Anies. Bila ditelusuri lebih jauh, Anies lebih terfokus dengan penanganan Covid-19 di Jakarta yang sedang merebak varian Omicron.
Menurut Radhiatmoko, tagar #AniesBaswedan sangat kuat dengan beragam versi disandingkan dengan #DemokrasiBersamaRakyat. Isu tentang pendanaan Formula E dan pembangunan sirkuit Ancol nyaris tenggelam.
Terlihat perbedaan gaya komunikasi antara Gubernur Zul yang notabene dari partai oposisi, namun mampu berinteraksi positif dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau para menteri kabinet. Sehingga, ajang MotoGP di Mandalika menjadi panggung bersama dan akan mencapai puncaknya pada Maret 2022.
Sedangkan Anies, kata Radhiatmoko, agak kikuk berinteraksi dengan Jokowi karena dipersepsi berbeda posisi.
"Termasuk hubungan Anies dengan menteri yang menangani kebijakan PPKM tampak saling bertentangan. Bila event Formula E jadi dilaksanakan pada 4 Juni 2022, sulit ditebak bagaimana suasana panggung nantinya," ujar Radhiatmoko.
Dia pun mengakui kerumitan politik nasional saat ini. Tak dipungkiri, kemunculan Sandiaga Uno dalam tren media dan isu merupakan optimismenya untuk konsisten fokus pada pemulihan ekonomi melalui jalur wisata.
"Tagar yang muncul #WujudkanNKRILebihMaju dan #TingkatkanEkonomiNegeri menjadi pesan yang dibuktikan di lapangan walk the talk," katanya.